Dispenbud MTB Gelar Berbagai Lomba Sambut Hardiknas 2018

Baca juga:

Dispenbud Gelar Berbagai Lomba Sambut Hardiknas 2018SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku gelar berbagai lomba dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2018.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispenbud) MTB, Ir. Lieke Tan, MS  bahwa sebagai suatu lembaga pendidikan pihaknya menganggap perlu melaksanakan kegiatan dalam rangka Hardiknas untuk mengingatkan masyarakat tentang pendidikan karena kesejahteraan satu bangsa ditentukan oleh tingkat pendidikannya.

“Dalam rangka mengingatkan masyarakat itu kita harus punya satu momen yang selalu bisa menyegarkan ingatan masyarakat tentang betapa pentingnya pendidikan,” ujar dia saat diwawancarai Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Selasa (17/04) lalu.

Lieke menjelaskan dalam memeriahkan Hardiknas Dispenbud menggelar 10 lomba yang melibatkan siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten MTB, diantaranya Lomba lari marathon tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK, Bola Voley putra dan putri tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK.

Pertandingan Futsal tingkat pelajar putra SD, baris-berbaris tingkat PAUD, permainan anak ciptaan guru tingkat PAUD, story telling tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK, Hip Hop tingkat pelajar SMA/SMK, menulis surat kepada Bapak Jokowi tingkat SMP dan SMA/SMK, cepat tepat berhitung Matematika tingkat SD, SMP dan SMA/SMK dan membaca berita tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK.

”Kami juga meriahkannya dengan serangkaian lomba-lomba. Khususnya yang saya tekankan adalah lomba matematika, karena anak MTB masih rendah kemampuan berhitung, yang tentunya akan berdampak pada daya kreasi dan inisiatif yang akan rendah juga,” jelas ia.

Hal senada juga diperkuat oleh Pejabat Pelaksana Teknis kegiatan (PPTK) penyelenggaraan Hardiknas, yang juga selaku Kepala Seksi (Kasi) Kebudayaan Dispenbud MTB, Misye Natalia Uwuratuw S.STP bahwa kegiatan menyongsong Hardiknas ini digelar bukan hanya untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan taman siswa yang diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya tetapi juga merupakan momentum untuk menyiapkan wadah bagi pendidik serta para siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka.

“Momentum untuk kita juga menyiapkan wadah bagi anak-anak peserta didik maupun pendidik untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka di bidang akademik, seni, olahraga maupun budaya,” kata Misye.

Ia mengungkapkan perayaan Hardiknas, pada Rabu (02/05) nanti akan dilakukan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati MTB sekaligus pengumuman pemenang lomba dan diikuti dengan makan patita bersama di Kantor Dispenbud MTB. Acara puncaknya sendiri akan dilakukan pentas pergelaran seni  budaya dan pencanangan program Tanimbar Cerdas Berkarakter.

 “Tanggal 2 Mei juga ada upacara, pengumuman pemenang, makan patita bersama. Harapan kami lewat lomba-lomba ini dibutuhkan sikap jujur, menerima kekalahan, yang penting bagaimana kita mengikuti mekanisme itupun dengan juri-juri yang profesional sehingga esensi perayaan ini tidak dirusak oleh hal-hal yang diakibatkan oleh kekecewaan,” harap Misye.

Sebelumnya kegiatan Hardiknas ini sudah dibuka oleh Bupati MTB Petrus Fatlolon yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Drs. H. A. Lokra pada Jumat (20/04). Kegiatannya diawali dengan jalan pagi bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di MTB, Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda), para guru dan seluruh siswa tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA dengan rute halaman Natar Kaumpu, Jalan Poros hingga di halaman Dispenbud. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...