Dispenbud MTB Siapkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) Peserta Ujian

Baca juga:

Dispenbud MTB Siapkan DNT Peserta UjianSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku jelaskan tahapan  mempersiapkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurut Pejabat Pelaksana Teknis kegiatan (PPTK) Penyelenggara Ujian Akhir Semester (UAS) dan UN Tingkat SMP dan Ujian Sekolah tingkat Sekolah dasar (SD), yang juga selaku Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dispenbud MTB, Herman Yoseph Kelbulan, S.Pd bahwa tahapan DNT cukup panjang, harus bersabar serta perlu ketelitian dalam melengkapi data para siswa mulai dari operator sekolah dan mengirimkannya ke Dispenbud Provinsi Maluku.

“Pertama yang kami lakukan adalah permintaan data 8355, yang di input dari operator  sekolah masing-masing. Kemudian data itu akan masuk di Dispenbud lalu terkirim lewat Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) melalui operator Dispenbud Provinsi. Dari situlah  akan ditetapkan daftar dominasi sementara untuk peserta ujian nasional,” kata Kelbulan.

PPTK menjelaskan lagi bahwa tahapan itu belum berakhir. Setelah ditetapkan daftar dominasi sementara, kemudian data itu akan dikirim kembali ke Para Kepala Sekolah untuk mengecek apakah data tersebut sudah valid atau belum.

“Kepala sekolah akan melihat apakah nama dan tanggal lahir, status siswa sudah benar, lengkap atau masih ada kekurangan.  Setelah dinyatakan valid, lalu kami kirim lagi untuk dinyatakan. Setelah itu, kami menyerahkan ke para Kepsek tingkat satuan pendidikan untuk daftar nominasi tetap untuk siap mengikuti ujian,” terang ia. 

Ujian tingkat SMP dilakukan 2 tahap, yaitu Ujian Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 21 April 2018 dan Ujian Nasional (UN) pada tanggal 23 hingga 26 April 2018.

Sebanyak 61 SMP di Kabupaten MTB akan menyelenggarakan ujian dengan jumlah peserta sebanyak 2.623 siswa. Ada 3 sekolah yang melaksanakan UNBK, diantaranya SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel) dengan jumlah 149 siswa, SMP Paulus Saumlaki berjumlah 182 siswa dan SMP Kristen Saumlaki sebanyak 70 siswa. (Eva Bembuain)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...