Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan

Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan LingkunganSAUMLAKI, ELLEMUKU.COM – Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan pada hari Jumat setiap minggu berjalan.

Menurut Lurah Kelurahan Saumlaki, Ratunleal Sairdekut, SE, pihaknya sedang membuat gerakan kebersihan lingkungan dengan nama gerekan” Kelurahan Saumlaki Harus Bersih” yang melibatkan seluruh masyarakat di 32 Rukun Tetangga (RT) dari 8 Rukun Warga (RW) yang ada di wilayah kelurahannya.

“Gerakan ini melibatkan semua RT di setiap lingkungan. Kami juga sudah instruksikan  ke semua RT bahwa harus melibatkan seluruh masyarakat untuk pembersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, supaya jangan terlihat kotor,” jelas Sairdekut kepada Lelemuku.com, pada Senin (07/05).

Ia mengatakan hal ini dilakukan karena Kota Saumlaki merupakan Ibu Kota Kabupaten MTB yang merupakan pintu masuk para tamu yang ingin mengunjungi Kepulauan Tanimbar, sehingga pihaknya ingin menampilkan kesan Tanimbar yang yang bersih dan sehat seiring dengan Visi Misi Pemerintah Daerah (Pemda) MTB “Sehat, Cerdas, Berwibawa dan Mandiri”.

“Saumlaki inikan Ibu Kota kabupaten, jadi yang kami lihat pertama adalah kebersihan lingkungannya. Sehingga tamu-tamu yang datang dapat melihat bahwa MTB itu bersih bukan melihat kotoran dimana-mana,” kata Lurah Saumlaki.

Sebelumnya gerakan ini berjalan, pihaknya terlebih dahulu menggelar rapat bersama para ketua RT dan RW serta didampingi oleh Camat Tanimbar Selatan, B. Samangun, SH. Dalam rapat itu diputuskan kerja lingkungan bersih perdana dilakukan di RW 1 pada Jumat (04/05) lalu.

Masyarakat sangat antusias dalam mendukung gerakan tersebut serta berterima kasih dengan ikut berpartisipasi aktif membersihkan lingkungan masing-masing. Selain bersih-bersih pihaknya juga memberikan pemahaman tentang kebersihan lingkungan yaitu jangan membuang sampah sembarangan.

“Mereka sangat berterima kasih atas kegiatan ini,” ungkap Sairdekut.

Ia menambahkan gerakan ini akan dilakukan secara bergilir di setiap RT yang ada di Kecamatan Tansel dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa terlibat bersama-sama, saling mendukung demi Kota Saumlaki yang bersih, indah dan sehat.

“Jadi pasti kami akan turun ke seluruh RT dan RW nanti. Masyarakat sudah tahu karena rapat perdana kan mereka ada juga,” tutup Lurah Kelurahan Saumlaki ini. (Aksamina Masela)

Bagi ke WA Bagi ke G+
Loading...