Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Provinsi Maluku, Ir. Mynrik Barlolona, MT mengatakan taman Kota Saumlaki adalah jiwa baru dari upaya peningkatan pariwisata di Kepulauan Tanimbar. 

“Taman kota itu menjadi jiwa dari pariwisata, karena disana orang bisa melakukan banyak aktifitas. Biasa orang lebih senang untuk mengisi waktu luang saat berlibur di satu kawasan tertentu,” kata dia saat diwawancarai Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Kamis (04/05).

Taman kota itu sangat baik, ini merupakan sarana hiburan yang sangat penting di suatu wilayah karena taman kota merupakan tempat dimana orang bisa  datang untuk melakukan berbagai aktifitas.

Hal ini dapat dilihat langsung di Taman Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) walaupun baru satu bagian saja yang dikembangkan dari taman tersebut tetapi antusias masyarakat begitu besar. 

Masyarakat Tanimbar membutuhkan tempat rekreasi dan taman ini, menjadi lokasi rekreasi warga MTB untuk hanya sekedar menghilangkan penat bersama keluarga atau pasangan muda-mudi.

“Setelah taman dibuka luar biasa antusias masyarakat, walau baru satu bagian yang dikembangakan masih ada beberapa bagian lagi,” ungkap Barlolona.

Ia menjelaskan kedepannya pihaknya bersama dinas-dinas teknis lainnya akan mengatur kawasan tersebut agar semakin baik dan menarik dari sisi kenyamanan dan keamanan dengan adanya jajanan kuliner, tempat bermain anak, tempat olahraga, stadium mini atau panggung hiburan.

“Ada pula aktifitas seni disana, taman kota sebagai panggung seni yang merupakan konsep pariwisata. Kami berharap suatu saat taman itu akan menjadi objek dan kawasan wisata atau destinasi wisata,” jelas dia.

Taman kota Saumlaki sendiri akan dibagi menjadi 5 blok. Diantaranya blok A yang sudah rampung, sebagai lokasi pentas seni. Blok B akan dibangun 2 buah lapangan dan tribun yaitu lapangan bola voli dan lapangan bola basket, blok ini fungsinya ganda. 

Kemudian blok C akan dibangun tempat untuk kuliner dan juga ada tempat bermain anak-anak, blok D akan dibangun taman baca dan blok E adalah blok yang terakhir, yang ditengah taman yaitu tugu Bung Karno. 

Untuk tugu Bung Karno sendiri akan direnovasi, karena akan terlihat terlalu kecil jika dibandingkan setekah dibenahi semua. Tugu tersebut akan dinaikan bangunannya dan patungnya akan digantikan dengan yang lebih besar dan yang terbuat dari bahan perunggu.

Direncanakan, di tahun 2018 ini akan dilakukan pembangunan blok B dan C serta pembenahan blok A. Setelah itu, di tahun 2019 pembangunan pada blog D dan pembenahan pagar serta di tahun 2020 pembenahan blok yang terakhir, Blog E. (Eva Bembuain)

Bagi ke WA Bagi ke G+
Loading...