-->

Bertemu Philippe Leopold, Jokowi Sebut Belgia Negara Eropa yang Pertama Akui Kemerdekaan RI


BRUSSEL, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie di kediaman resmi keluarga kerajaan Belgia di Istana Laeken, Brussels. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas hubungan kedua negara yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun.

Lebih dari 70 tahun pula, kata Jokowi, Belgia menjadi mitra penting dan strategis Indonesia. Sebagai bagian dari Komisi Tiga Negara tahun 1949, Belgia menjadi bagian penting sejarah kemerdekaan Indonesia.

"Belgia juga salah satu negara Eropa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Desember 2022. Pertemuan digelar di sela-sela kegiatan KTT Uni Eropa - ASEAN yang diikuti Jokowi di Belgia.

Untuk itu, Jokowi juga mengundang secara langsung Raja Philippe untuk berkunjung ke Indonesia. “Saya rasa kedekatan ini menjadi modal penting kemitraan Indonesia-Belgia ke depan,” kata dia.

Selain membahas hubungan kedua negara, Jokowi juga membahas isu penguatan kerja sama ekonomi, dan kerja sama di bidang perubahan iklim dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut.

Sebelum bertemu Raja Philippe, Jokowi lebih dulu bertemu Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s, Belgia. Kedua pemimpin membahas berbagai isu, salah satunya bidang pertahanan dan industri strategis.

Kepada Fiala, Jokowi mengapresiasi partisipasi Ceko pada Indo-Defense 2022 yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu. Jokowi mengharapkan peningkatan kerja sama pertahanan dan industri strategis kedua negara. "Melalui antara lain produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur,” kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga mendorong peningkatan  perdagangan, antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. "Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” ucap Jokowi.

Jokowi pun turut mengundang Ceko pada Indo-Pacific Infrastructure Forum yang akan digelar di Indonesia pada 2023. Acara ini digelar dalam rangka membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian, dam kemakmuran dapat dijaga.

Terakhir, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati PM Ceko atas tragedi gempa Cianjur. Selain itu Presiden juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini. “Selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa,” kata Jokowi.

Sementara itu PM Ceko Petr Fiala dalam sambutan pengantarnya menyampaikan ucapan selamat atas presidensi Indonesia di G20. Fiala juga mengucapkan selamat atas keketuaan ASEAN di tahun depan. (Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel