-->

Pemprov Papua Sempurnakan Dokumen Proses Seleksi Siswa Unggul Papua

Pemprov Papua Sempurnakan Dokumen Proses Seleksi Siswa Unggul PapuaSENTANI,LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua saat ini tengah menyempurnakan dokumen proses seleksi siswa unggul Papua di lima wilayah adat. Penyempurnaan dokumen itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digagas Biro Otsus Papua, baru-baru ini.

Melalui FGD tersebut, muncul beberapa poin menyangkut seleksi beasiswa ke luar negeri yang harus memenuhi syarat akademik maupun administrasi. Sementara jumlah calon penerima beasiswa kedepan, akan diatur secara proposional menurut wilayah adat dan proses seleksi yang menggunakan sistem online maupun offline.

“Yang pasti, dokumen ini bakal dipakai untuk mempersiapkan siswa mengikuti seleksi calon penerima beasiswa itu sendiri. Dokumen ini juga akan jadi acuan untuk seleski secara proposional berdasarkan lima wilayah adat di Papua dengan menyesuaikan pada kondisi di wilayah masing-masing,” terang Kepala Biro Otsus Setda Papua AF Rumaropen, di Jayapura, kemarin.

Terkait pelaksanaan FGD tersebut, menurutnya, dimaksudkan untuk menjaring masukan dan saran dari pihak SMA/SMK, pemerhati pendidikan, dan Perguruan Tinggi dalam rangka penyempurnaan dokumen seleksi siswa unggul Papua.

Sehingga setelah dokumen proses seleksi siswa unggul tersebut rampung, selanjutnya akan dibuat Petunjuk Teknis (Juknis) yang nantinya disosialisasikan ke setiap sekolah di seluruh wilayah Papua.

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Papua Anni Rumbiak menilai penyempurnaan dokumen proses seleksi siswa unggul Papua yang diprioritaskan pada lima wilayah adat, sangat penting untuk segera dirampungkan.

Sebab salah satu sasaran pembangunan di bidang pendidikan adalah peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) khusus OAP, melalui pendidikan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pihaknya berharap dokumen tersebut dapat segera rampung, untuk memaksimalkan proses pembangunan SDM OAP bidang pendidikan, melalui pemberian beasiswa. (DiskominfoPapua) berita terbaru dari Lelemuku.com

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel