KPU Siap Gelar Pemungutan Suara Susulan di Sejumlah TPS

Baca juga:

KPU Siap Gelar Pemungutan Suara Susulan di Sejumlah TPSJAKARTA LELEMUKU.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi kepada wartawan di hotel Ritz Calton, Jakarta, Rabu (17/04/2019) menjelaskan sejumlah tempat pemungutan suara yang tersebar di sebelas kabupaten kota akan melakukan pemungutan suara susulan. Jumlah ini tambahnya sementara karena lembaganya masih terus melakukan pendataan.

Kesebelas Kabupaten/Kota, itu kata Pramono, di antaranya seperti Luwu di Sulawesi Selatan, Banggai di Sulawesi Tengah, Banyuasin di Sumatera Selatan, Nias Selatan di Sumatera Utara, serta Tolikara dan Intan Jaya di Papua.

Keterlambatan logistik ini lanjutnya disebabkan oleh faktor cuaca, geografis, adanya bencana alam dan juga keterlambatan pengiriman dari percetakan.

Menurut Pramono, lembaganya belum bisa memastikan kapan pemungutan suara susulan itu akan dilakukan , yang pasti tambahnya pemungutan suara ulang di sejumlah daerah tersebut akan dilakukan sebelum rekapitulasi di tingkat kecamatan selesai atau 17 hari sejak tanggal 18 April 2019.

Dia menambahkan KPU membutuhkan waktu untuk kembali mengundang pemilih dan menyiapkan TPS, petugas kotak suara, pengawas serta saksi. Pramono Ubaid mengatakan jika melihat pemilu 2014 dimana surat suara tertukar antar daerah pemilihan di 700 tps. Sementara saat ini jumlahnya lebih berkurang padahal surat suaranya jauh lebih banyak.

“Sebelum masa rekapitulasi di kecamatan selesai jadi hasil-hasil dari PSU itu masih bisa diikutkan pada rekapitulasi di kecamatan, itu biasanya batasannya itu,” ujar Pramono Ubaid. (VOA)

berita terbaru dari Lelemuku.com
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...