-->

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, KPPN Saumlaki Gelar Simulasi Evakuasi Bencana

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, KPPN Saumlaki Gelar Simulasi Evakuasi Bencana SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kantor Pelayanan Perbendahayaan Negara (KPPN) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggandeng Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) menggelar ‘Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak’ dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 dengan Tema ‘Siap Untuk Selamat’.

Mewakili Kepala KPPN Saumlaki Teguh Irwono, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satuan Kerja (Satker) KPPN Saumlaki, Tommy Cahyono Adi Wijaya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di kantornya tersebut merupakan kegiatan simulasi evakuasi bencana gempa bumi serentak di lingkungan Kementerian Keuangan yang diadakan tepat pukul 10.00 waktu setempat dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019.

“Ini adalah instruksi dari Menteri keuangan bagi seluruh jajarannya di seluruh Indonesia untuk menggelar perayaan Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan melakukan penanggulangan bencana yang dilaksanakan serentak tepat  jam 10.00 waktu setempat,” kata dia selepas kegiatan tersebut kepada Lelemuku.com pada Jumat (26/04/2019).

Ia menilai bahwa kegiatan itu sangat bermanfaat bagi pihaknya untuk membangkitkan kesadaran akan kewaspadaan dini dan selalu siaga akan bencana yang tidak terduga dan bisa saja terjadi, mengingat Tanimbar merupakan daerah Kepulauan yang secara geografis masuk pada daerah rawan bencana.

Tommy pun berharap para karyawan KPPN saumlaki dapat menyampaikan materi yang sudah diterima tersebut kepada seluruh anggota keluarga dan lingkungannya, sehingga seluruh masyarakat Tanimbar dapat waspada tentang  penanggulangan bencana, yang terdiri dari pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.

“Kegiatan ini sangat bagus, kita jadi waspada dan siaga kalau ada bencana yang tidak terduga. Para pegawai bisa sadar kalau ada bencana dan bahkan penanggulangannya serta bisa menyampaikan ke yang lain. Sehingga seluruh masyarakat di Tanimbar ini bisa selalu siaga kalau ada bencana,” harapnya.

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, KPPN Saumlaki Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Sementara itu, Sekretaris BPBD Tanimbar, John Rahanmasse mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi niat baik dari KPPN Saumlaki yang meminta BPBD Tanimbar untuk menyampaikan materi tentang penanggulangan dan simulasi evakuasi bencana.

Dirinya pun mengajak instansi lainnya yang ingin menggelar kegiatan serupa agar langsung menghubungi pihaknya, karena mensosialisasi proses evakuasi bencara merupakan tugas dan tanggungjawab dari BPBD.

“Jika itu dibutuhkan dari instansi lainnya untuk kami berperan aktif dalam mensosialisasikan proses evakuasi mandiri pasti kami datang. Kewajiban kami kalau ada instansi yang ingin mengetahui bagaimana simulasinya, BPBD selalu siap atau bisa langsung menghubungi kontak siaga kami di 081343085351 jika terjadi keadaan darurat atau bencana,” ungkap dia.

Kemudian acara berlanjut dengan pemberian plakat ucapan terima kasih dari KPPN Saumlaki kepada BPBD Kep. Tanimbar atas kerjasama dalam pelaksanaan sosialisasi dan simulasi itu.

Sementara Hari Kesiapsiagaan Bencara sendiri merupakan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menjadikan tanggal 26 April sebagai momen untuk mengajak semua pihak meluangkan satu hari agar melakukan latihan kesiapsiagaan bencana serentak di wilayah Indonesia, seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini dan uji shelter. (Laura Sobuber) berita terbaru dari Lelemuku.com

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel