Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Selaru, Mabesal Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut dan Teripang

Baca juga:

Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Selaru, Mabesal Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut dan TeripangADAUT, LELEMUKU.COM – Markas Besar (Mabes) Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) atau Mabesal melalui Tim Staf Potensi Maritim (Spotmar) menggelar pelatihan budidaya rumput laut dan teripang hingga pada distribusi dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut bagi masyarakat Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku  pada Jumat (03/05/2019)..

Tim Spotmar TNI AL sendiri menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Dinas Perikanannya dalam memberikan materi pelatihan dan pendampingan budidaya tersebut demi untuk meningkatkan taraf hidup dari masyarakat di daerah yang dikategorikan sebagai Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) yang terpencil dan berbatasan langsung dengan Australia.

Melalui sambutannya Paban IV Komsosmar Spotmar Kolonel Mar Edy Prakoso, S.E yang didampingi oleh Pabandya Potwilmar Spotmar Mayor Laut (KH) Very Budianto, S.Kom mengatakan bahwa daerah Selaru memiliki potensi yang besar terhadap budidaya rumput laut dan teripang.

Ia menilai potensi yang besar yang dimiliki masyarakat setempat itu terkendala dengan masalah anggaran,  sarana dan prasaranan. Maka pihaknya saat ini hadir dengan menjalin kerjasama bersama Pemkab Tanimbar di wilayah kerja pangkalan TNI AL guna mendorong adanya sinergitas program dengan pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan dengan pendampingan dari Dinas Perikanan dapat dimanfaatkan betul kesempatan ini sebanyak-banyaknya untuk menggali bagaimana meningkatkan taraf hidup melalui budidaya rumput laut dan teripang,” kata Prakoso saat membuka dengan resmi kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Adaut.

Ia pun meminta para nelayan penerima bantuan itu untuk memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan kerja keras dan kerja cerdas sehingga segala kekurangan dari situasi dan kondisi di daerah tersebut tidak menjadi kendala berarti untuk menghasilkan potensi atau kekayaan laut yang dimiliki dan mempunyai nilai jual tinggi serta secara mandiri bisa mendatangkan peningkatan ekonomi bagi para nelayan sendiri.

“Miris jika budidaya kita yang begitu banyak potensinya seperti ini, tetapi kita masih mendatangkan dari luar. Memang perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk memanfaatkan situasi ini agar setelah selesai pelatihan bisa mandiri atau membentuk kelompok-kelompok nelayan untuk memudahkan,” pinta Kolonel Edy Prakoso.

Sementara itu, Sekertaris  Camat (Sekcam) Selaru EM. Maselkosu, SP menyambut baik kedatangan dari Mabesal dan rombongan serta berterima kasih atas dukungan juga kerjasama dari TNI AL untuk bisa memberikan perhatian dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan pendapatan dari masyarakatnya.

“Semoga kita semua bisa mengambil hikmat, memetik makna dari hasil sosialisasi ini serta manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya demi masa depan yang lebih baik,” katanya. (Laura Sobuber) berita terbaru dari Lelemuku.com
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...