Menang 2-0 dari Tottenham Hotspur, Liverpool Angkat Trofi Liga Champions 2018/2019

Baca juga:

Menang 2-0 dari Tottenham Hotspur, Liverpool Angkat Trofi Liga Champions 2018 2019MADRID, LELEMUKU.COM - Liverpool menjadi tim yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions 2018/2019 pada Minggu (02/06/2019) dini hari. Hal ini terwujud setelah kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol.

Dua gol tanpa balas dari klub besutan Jurgen Klopp ini tercipta lewat eksekusi penalti Mohamed Salah dan sepakan mendatar Divock Origi.

Ini merupakan trofi keenam yang dipegang Liverpool sepanjang sejarah. Dengan berat 7,5 kilogram ditambah lebar yang mencapai 46,5 sentimeter, trofi Liga Champions menjadi amat elegan. Lapisan perak murni yang menjadi bahas dasar menyempurnakan trofi yang biasa disebut ‘Si Kuping Besar’ itu.

Bagi bek Liverpool, Virgil van Dijk, ‘Si Kuping Besar’ merupakan trofi yang sangat sulit didapatkan dan kini Liverpool kini patut berbangga.

Klub asal Merseyside itu menjadi pengoleksi gelar Liga Champions terbanyak dari negeri Ratu Elizabeth.

Ini merupakan akhir dari penantian panjang Liverpool untuk menjadi jawara Eropa. Mereka terakhir kali meraih trofi pada 2005 silam di Istanbul, Turki.

Liverpool sudah mengoleksi enam trofi si kuping besar. Mereka semakin jauh mengungguli saingannya, Manchester United, yang baru merengkuh 3 trofi.

Liverpool kini menjadi raja Liga Champions dari Tanah Britania Raya.

Namun demikian Liverpool dipastikan tidak bisa tampil di Piala Dunia Antarklub setelah menjuarai Liga Champions. Pasalnya, FIFA telah melakukan perubahan format turnamen pada bulan Maret lalu.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, juara Liga Champions secara otomatis akan masuk ke turnamen Piala Dunia Antarklub yang digelar setahun sekali.

Sayangnya, The Reds yang keluar sebagai kampiun Eropa musim ini, tidak mendapatkan kesempatan itu.

Menurut laman Squawka, hal tersebut berkaitan dengan keputusan FIFA pada bulan Maret lalu yang mengubah turnamen untuk diadakan setiap empat tahun sekali.

Akibatnya, turnamen tidak akan berlangsung tahun ini dan kejuaraan pertama dengan format baru (menampilkan 24 klub dari 6 konfederasi) akan berlangsung pada 2021 mendatang.

FIFA sendiri menganggap keputusan ini merupakan sebuah revolusi baru sepak bola antar klub. Sehingga nantinya, turnamen ini mulai dianggap serius oleh klub – klub besar di seluruh dunia, khususnya di Eropa.

Piala Dunia Antarlub pertama kali digelar pada tahun 2000 dengan delapan tim Eropa yang ikut termasuk Liverpool. Real Madrid sendiri menjadi  tim yang paling sukses di turnamen ini dengan raihan empat gelar. (Albert Batlayeri/Tempo)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...