Upacara Militer Hantarkan Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Baca juga:

Upacara Militer Hantarkan Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP KalibataJAKARTA, LELEMUKU.COM - Upacara militer menghantarkan pemakaman jenazah Ibu negara keenam, Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (02/06/2019) pukul 15.00 WIB.

Pemakaman berjalan lancar dan khidmat dan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

Tembakan salvo mengiringi pemakaman jenazah Ani Yudhoyono saat dimasukkan ke dalam liang lahat sementara empat orang perwira tinggi membentangkan bendera merah putih di atas peti jenazah.

Jenazah kemudian dikeluarkan dari peti, dan dimasukkan ke dalam liang. Terdengar sekali tembakan salvo saat pemberian penghormatan.

Dua orang putra Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono menyambut jenazah dari dalam lubang yang telah disiapkan. Saat jenazah dimasukkan, kembali terdengar satu tembakan salvo.

Saat jenazah diturunkan, instrumen lagu 'Gugur Bunga' terdengar mengiringi pemakaman Ani Yudhoyono yang dimakamkan di Blok M 129.

Prosesi pemakaman dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden Jokowi.

"Saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhumah," kata Jokowi saat membacakan apel persada di TMP Kalibata.

Ia mengatakan, semoga jalan darma bakti Ani Yudhoyono dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat.

Usai Jokowi berpidato. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku perwakilan keluarga mengucapkan salam perpisahan kepada sang ibunda. AHY mengungkapkan sang ibu merupakan sosok wanita tangguh dalam menjalani hidup.

"Karya beliau, seperti lima pilar Indonesia yaitu program Indonesia pintar, Indonesia sehat, Indonesia hijau, Indonesia kreatif dan Indonesia Peduli adalah sebagai sebagian saja dari wujud implementasi gagasan dan hasil kerja keras bagi bangsa dan negara," ujarnya.

AHY mengungkapkan, semasa hidupnya terutama saat menjadi ibu negara dari Presiden ke-6 SBY, Ani berusaha dan berjuang keras melakukan yang terbaik untuk masyarakat dengan nilai-nilai kebaikan, kebajikan, dan kebijaksanaan.

"Ibu Ani mengatakan, ditulisnya dalam buku Kepak Sayap Putri Prajurit tahun 2010 saya kutip, 'setiap dari kita akan berpulang menyatu dengan tanah, saat itu datang, nilai-nilai yang ditinggalkan manusia sepanjang hidupnya lah yang mengharumkan pengistirahatannya yang terakhir. Selamat jalan memo, we love you, and we will forever miss you," tutup AHY.

Upacara ditutup dengan penghormatan terakhir oleh keluarga besar, para pejabat dan handai tolan.

Jokowi, keluarga SBY, dan seluruh pelayat lalu memberikan penghormatan terakhir selama hampir 1 menit. Upacara kemudian berakhir.

Di ujung upacara, Jokowi menyerahkan bendera merah putih kepada SBY. Jokowi kemudian meninggalkan lokasi upacara.

Sejumlah tokoh hadir di pemakaman ini di antaranya Presiden ketiga BJ Habibie, Istri Presiden Keeempat Sinta Nuriyah, Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri, para wakil presiden Try Sutrisno, Boediono dan sejumlah menteri kabinet Jokowi. Ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sulawesi Selatan Nudin Abdullah hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ani Yudhoyono meninggal dunia karena kanker darah pada Sabtu (01/06/2019) di Singapura. Jenazah Ani kemudian dibawa ke Indonesia dan sempat disemayamkan di Puri Cikeas Bogor, Provinsi Jawa Barat sebelum dibawa ke TMP Kalibata. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...