-->

DKP Papua Ajak Perguruan Tinggi Kaji Proses Penangkapan Ikan Secara Tradisional

DKP Papua Ajak Perguruan Tinggi Kaji Proses Penangkapan Ikan Secara Tradisional JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua mengajak pihak perguruan tinggi di bumi cenderawasih, untuk membahas, mengkaji bahkan meneliti proses penangkapan ikan secara tradisional yang dilakukan pada sejumlah wilayah pesisir.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX. Mote, pengkajian di bidang perikanan diyakini mampu meningkatkan hasil tangkapan serta mencegah kerusakan lingkungan akibat penangakapan secara ilegal.

“Contohnya kearifan lokal atau penangakapan ikan di yakni Kabupaten Biak, dimana mereka ada yang menangkap ikan secaracara tradisional tanpa merusak lingkungan”.

“Caranya mereka akan membendung air laut dengan memakai batu-batu saat air surut. Lalu ketika air pasang, maka akan ada sejumlah ikan yang terperangkap. Cara ini dilakukan turun-temurun sejak nenek moyang dahulu sampai sekarang. Sehingga saya rasa hal ini perlu ada penelitian untuk hal baik kedepan,” kata dia di Jayapura, dalam satu kesempatan, pekan lalu.

Selain itu, dia berharap pihak perguruan tinggi di Papua yang memiliki jurusan antropologi (kelautan dan perikanan) agar ikut meneliti bagaimana kehidupan masyarakat di pesisir dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan makan ikan.

Sebab laut Papua merupakan mata pencaharian utama masyarakat pesisir, dimana hasil buminya telah banyak disuplai untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah pegunungan Papua.

Pada kesempatan itu, Mote mengapresiasi rencana Universitas Rhode Of Island Amerika Serikat (AS) yang bakal membuka fakultas perikanan dan ilmu kelautan di bumi cenderawasih. Dimana kerja sama pembukaan fakultas perikanan ini, akan menggandeng pihak Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Dia berharap dalam kerja sama itu, dapat meneliti proses penangkapan ikan secara tradisional yang dilakukan pada beberapa daerah pesisir, guna mempertahankan serta melestarikan kearifan lokal di bumi cenderawasih. (DiskominfoPapua)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel