Pemprov Papua Harap Proyek Palapa Ring Timur Rampung Sebelum PON

Baca juga:

Pemprov Papua Harap Proyek Palapa Ring Timur Rampung Sebelum PONJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua berharap proyek Palapa Ring Timur yang sementara berjalan, dapat segera rampung sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang.

Hal demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu (31/07/2019).

“Pemerintah Provinsi Papua mendukung penuh tuntasnya pembangunan proyek Palapa Ring ini. Sebab selain untuk mengakomodir pelaksanaan PON di Papua, keberadaan Palapa Ring ini untuk mendukung ketersediaan jaringan internet”.

“Sebab sampai sekarang ini kan masih ada juga kabupaten yang belum bisa menjalankan sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan baik. Salah satu penyebabnya karena kendala akses internet itu,” terang dia.

Sekda sampaikan, pihaknya dalam waktu dekat bakal mengutus staf untuk memantau sejauh mana progres pembangunan proyek Palapa Ring Timur di Papua hingga saat ini.

Dengan begitu, diharapkan dapat diketahui secara pasti, sejauh mana progres pembangunan Palapa Ring di seluruh kabupaten.

“Sebab penting juga bagi kami untuk tahu progres Palapa Ring. Dan jika semua sudah clear, mungkin dalam waktu dekat bisa diresmikan oleh Menteri Kominfo,” terang ia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Papua mengatakan progres atau kemajuan proyek Palapa Ring Paket Timur, khususnya di Provinsi Papua, dipastikan telah mencapai 86,48 persen.

Hal itu, terungkap dalam kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kabupaten Jayawijaya, Mei lalu.

“Saya baru saja mendampingi Menkominfo ke dengan menggunakan helikopter ke Pegunugan Fakfakuba untuk menyaksikan secara langsung pembangunan tower microwave, dalam proyek Palapa Ring Paket Timur”.

“Dari kegiatan ini terungkap pula pemasagan kabel fiber optik maupun microwave pada 23 kabupaten, khusus untuk kabel fiber optik darat mencapai 94,015 persen sedangkan microwave  92,87 persen,” terang ia.

Menurut dia, kunjungan Menkominfo Rudiantara ke Papua yang menyaksikan secara langsung pembangunan tower microwave mendapat apresiasi dari masyarakat bumi cenderawasih. Sebab lokasi tersebut ternyata hanya bisa dicapai dengan transportasi udara.

Diketahui, Menkominfo Rudiantara dalam kunjugannya ke Papua juga menyaksikan salah satu pemanfaatan broadband Palapa Ring yang diimplementasikan oleh “pembelajaran live streaming antara Jakarta dengan dua kabupaten di Natuna dan Mimika.

Live streaming itu, tepatnya berlokasi di Sejolah Dasar Negeri (SDN) Pomako - Timika, Kabupaten Mimika. Kegiatan ini juga dihadiri seluruh pejabat terkait di wilayah setempat. (DiskominfoPapua)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...