Penandatangan Komitmen Bersama Rumuskan Master Plan Smart City Ambon

Baca juga:

Penandatangan Komitmen Bersama Rumuskan Master Plan Smart City AmbonAMBON, LELEMUKU.COM – Setelah melalui empat tahapan bimbingan teknis dengan metode Focus Group Disscussion (FGD) Dewan Smart City Kota Ambon dan Tim Pelaksana Gerakan Menuju 100 Smart City Kota Ambon berhasil merumuskan buku master plan smart city Kota Ambon, dan dilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama mewujudkan smart city Kota Ambon bertempat di Ballroom Manise Hotel, Selasa (15/10/2019).

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G.Latuheru saat bacakan sambutan Walikota Ambon sampaikan, berbicara smart city maka kita berbicara tentang smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living dan smart environment dan implementasinya ada pada perangkat daerah yang dicerminkan lewat program dan kegiatan.

Mewujudkan Ambon sebagai smart city lanjutnya, tidak lepas dari peran stakeholder maupun instansi terkait dalam memperkuat pengakuan Ambon sebagai Kota cerdas.

Dijelaskan, bimtek yang telah dilaksanakan merupakan bentuk komitmen kita semua untuk benar-benar menghasilkan dokumen masterplan smart city Kota Ambon yang sesuai dengan harapan kita bersama.

“Dokumen masterplan yang kita rancang bersama mulai dari bulan Juli hingga Oktober ini sudah seharusnya selaras dengan dokumen perencanaan milik Pemerintah Kota Ambon”, ungkap sekkot.

Inti dari smart city adalah bagaimana menjadikan teknologi informasi sebagai alat untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang. karena kota cerdas atau smart city harus berkontribusi bagi kesejahteraan dan keberkanjutan hidup warga dan kotanya.

Dengan Kota Ambon ditetapkan menjadi kota cerdas atau smart city maka cara kita melayani masyarakat pun sudah harus smart, masyarakat merasa terlayani dengan baik dan merasa puas. Pemerintah pun harus smart dalam bekerja baik itu dari segi prosedur mekanisme, produk yang dihasilkan, maupun tindakan kita.

Sekkot saat akhiri sambutan Walikota sampaikan terima kasih kepada para pembimbing dari ITB maupun Kementerian Kominfo, Para Dewan Smart City dan Tim pelaksana gerakan menuju 100 smart city yang berkontribusi aktif, serta semua pihak yang telah mendukung gerakan menuju 100 smart city Kota Ambon.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy. R. Adriaansz, M.Si dalam laporannya sampaikan bahwa konsep smart city menjadi salah satu solusi memperbaiki birokrasi dan mencapai tata kelola pemerintahan yang baik dimana smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas pelayanan, baik pelayanan publik kepada masyarakat maupun pelayanan internal Aparatur Sipil Negara.

Disampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini pertama adalah membangun kesamaan persepsi dan dukungan seluruh perangkat daerah serta unsur lembaga non pemerintah dalam merumuskan program kegiatan yang mengarah pada pembangunan Ambon smart city. Kedua Merumuskan arah kebijakan dan menganalisis kebutuhan kelembagaan khusus untuk pembangunan Ambon Smart City. Ketiga Tercapainya usulan-usulan konkrit dari seluruh peserta bimtek untuk dijadikan bahan penyusunan buku Master Plan Smart City Kota Ambon

Sebagai rencana tindak lanjutnya, Dokumen Masterplan Smart City Kota Ambon nantinya akan menjadi panduan dalam implementasi program kegiatan yang mendukung terwujudnya Ambon Smart City. Implementasi program Smart City Kota Ambon nantinya juga akan terus dievaluasi secara berkala paling minimal 2 tahun sekali.

Diketahui Bimtek Smart City tahap I menghasilkan Buku I Masterplan yang memuat isi Penjelasan Teori, Arah Kebijakan, Kelembagaan dan Tata Kelola Smart City Kota Ambon, Analisa Smart City Readiness dan Kesenjangan pada Pemerintah Kota Ambon menggunakan Analisa SWOT, Pembagian Enam Pilar Smart City, Perumusan program percepatan (Quick win). Tahap dua dan tiga menghasilkan Buku II Masterplan Smart City Kota Ambon berisikan, Pendahuluan, Visi Smart City Kota Ambon, Strategi, Rencana Aksi, Peta Jalan dan Lampiran. Sementara bimtek tahap empat menghasilkan buku III Masterplan Smart City yang adalah Executive Summary Masterplan Smart City dengan isi Latar Belakang, Visi Smart City Kota Ambon, Strategi Pembangunan Smart City Kota Ambon, Peta Jalan Smart City kota Ambon. (DiskominfoAmbon)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...