Richard Louhenapessy Terima Penghargaan atas Kontribusi Tingkatkan Penanggulangan Bencana di Ambon

Baca juga:

Richard Louhenapessy Terima Penghargaan atas Kontribusi Tingkatkan Penanggulangan Bencana di AmbonPANGKALPINANG, LELEMUKU.COM - Dinilai sebagai Kepala Daerah yang memberikan kontribusi besar terhadap penanggulangan bencana di Ambon, Walikota Ambon, Provinsi Maluku, Richard Louhenapessy dianugerahi penghargaan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) RI yang diserahkan oleh Kepala BNPB RI, Letjen Donny Monardo dalam acara penutupan Rapat Koordinasi Nasional Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke II yang diselenggarakan di Ballroom Swissbell Hotel Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Minggu (13/10/19).

Adapun tujuan pelaksanaan Rakornas PRB adalah untuk koordinasi dan komunikasi antar Forum PRB, serta berbagi pembelajaran bagaimana memitigasi bencana pada suatu daerah. Rakor tersebut dilaksanakan sejak 11 Oktober hingga 13 Oktober 2019.

Diketahui, forum PRB merupakan pentahelix yang bisa menjadi solusi dalam persoalan kebencanaan. Salah satu forum pentahelix adalah PRB Daerah. PRB Daerah merupakan wadah yang menyatukan berbagai organisasi pemangku kepentingan yang bergerak dan mendukung berbagai upaya PRB di Indonesia. Saat ini sudah terbentuk 25 Forum PRB tingkat Provinsi, 50 Forum PRB  tingkat Kabupaten/Kota dan Kepulauan, serta 20 Forum PRB tematik.

Forum PRB sebagai mitra BPBD untuk membangun ketangguhan daerah, serta memastikan pembangunan di daerah yang berbasis  pengurangan resiko bencana dengan empat pendekatan yaitu, kebijakan, kelembagaan, anggaran dan pemberdayaan masyarakat.

Walikota dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diperoleh.
“Penghargaan ini adalah sebuah berkat, namun juga diikuti dengan tantangan. Apalagi Ambon merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap bencana alam, seperti gempa, tanah longsor dan banjir,” ungkap Walikota.

Penggalangan Dana Bagi Korban Gempa Maluku

Selain pemberian penghargaan, dalam momen yang sama, BNPB RI melakukan malam penggalangan dana bagi korban gempa Maluku.

Penggalangan dana dilakukan melalui dua sesi yakni sesi pelelangan foto oleh pihak BNPB RI serta sesi lagu yang dibawakan oleh Kepala BNPB RI, Donny Monardo didampingi Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Dengan total 11 foto yang dilelangkan serta 3 lagu yang dibawakan, total dana yang terkumpul adalah sebesar 2 milliar rupiah.

Dalam acara tersebut, Monardo berharap masyarakat Maluku bisa tabah, kuat dan pulih kembali. Dan semoga gempa yang terjadi diatas, bisa reda dengan ikhtiar dan doa agar kondisi ini benar-benar normal kembali. “Ternyata masih banyak saudara kita di Indonesia memiliki rasa kepedulian kepada derita warga Maluku. Dan momen ini juga bisa kita buat untuk saudara-saudara kita di daerah lain,” tandas Monardo.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy merasa haru dengan dukungan seluruh warga Indonesia atas bencana yang terjadi di Maluku.

Menurutnya, ini merupakan dukungan moral yang sangat luar biasa untuk Maluku untuk tetap dengan tegar menghadapi cobaan dari Tuhan dan segera bangkit pasca gempa.  (DiskominfoAmbon)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...