Saka Bahari Lanal Saumlaki Gelang Dana Tiket Balik Saumlaki

Baca juga:


KULONPROGO, LELEMUKU.COM - Kontingen Saka Bahari dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku yang mengikuti wisata perkemahan pelataran IX Sail Nias Tahun 2019 di Wisata Lompat Batu, Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (12/09/2019) lalu melakukan aksi penggalangan dana pembelian tiket kembali ke Saumlaki. 

Menurut rilis media dari Pasintel Lanal Saumlaki, Kapten Laut (P) Agus Hariyanto bahwa Saka Bahari Lanal Saumlaki telah menyelesaikan misi mengikuti kegiatan pelantara IX Sail Nias Tahun 2019 yang merupakan agenda tahunan Kementrian Koordinator Kemaritiman dengan sangat baik.

Hal tersebut dilihat pada setiap perjalanan di setiap daerah yang disinggahi, Putra-putri Tanimbar yang tergabung dalam misi ini mempunyai tanggung jawab besar untuk membawa harum nama kepulaun Tanimbar dengan selalu berkesempatan menampilkan seni budaya adat tarian Tanimbar dengan terbukti di acara puncak Sail Nias 2019 juga mendapatkan kehormatan menampilkan promosi daerah lewat tarian di hadapan seluruh peserta perlombaan selancar internasional yang dihadiri oleh 15 negara. 

Hingga perjalanan dan pelaksanaan kegiatan tersebut selesai pun putra dan putri Tanimbar yang terdiri dari, Ayu Pascalinda Kundre, Charlene Sarah A. Nara, Petrus K.Samuel.J Manggala, h. Jafar dan Rahmad dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel). Henrika metantomwate, Martina Laritmas, Mathilda D. Samponu dan Isaias Teftutul dari SMA Budi Mulia Saumlaki serta Yusuf Oratmangun dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tansel dan Serma Pom Deni irawan Susanto selaku pembina pendamping tetap solid dan selalu semangat. 

Kemudian, karena kendala keuangan atau anggaran yang tidak mencukupi dengan tetap bersemangat, sesuai dengan dasa dharma dan semboyan saka bahari. Maka para kontingen saka bahari Lanal Saumlaki pun melakukan penggalangan dana melalui penampilan tarian tradisional untuk membeli tiket pulang ke Saumlaki di hadapan para peserta perkemahan di Kulon Progo yaitu bumi perkemahan Saka Bahari se-Kota Jogjakarta yang sebelumnya sudah terpesona dengan penampilan Saka Bahari Lanal saumlaki di puncak perayaan Sail NIal. 

Salah satu peserta Saka Bahari Lanal saumlaki, Mathilda Samponu mengatakan dirinya bersama rekan-rekannya akan selalu membawa nama baik Tanimbar walaupun ada kendala yang dihadapi serta akan selalu bersemangat dan berharap semoga di tahun mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar dapat lebih memperhatikan kegiatan positif yang dilakukan generasi muda Bumi Duan Lolat sebagai perwakilan Maluku dan secara khusus Tanimbar.

Ia pun berterima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) khususnya Lanal Saumlaki yang telah memfasilitasi dan mengusahakan para generasi Tanimbar untuk berkesempatan memperkenalkan budaya Tanimbar melalui kegiatan pelantara 9  sail nias 2019.

“Semoga kejadian yang menimpa kami tidak terulang kepada teman-teman atau ade ade-ade kami yang lain, sampai kami harus mencari dana dengan cara menampilkan seni budaya, karena sebenarnya budaya kami bukan untuk diperjual belikan, tapi karena keadaan kami  lakukan agar perjalanan ke Tanimbar bisa lancar,” harap Mathilda Samponu. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...