Tentara Nasional Indonesia Manunggal Bersama Rakyat Lermatan dan Bomaki

Baca juga:

Tentara Nasional Indonesia Manunggal Bersama Rakyat Lermatan dan BomakiLERMATAN, LELEMUKU.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menggelar upacara pembukaan kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD)  yang ke-106 Tahun 2019.

Kegiatan TMMD Tahun ini dilaksanakan pada Rabu (02/10/2019) hingga Kamis (31/10/2019) dengan tema ‘‘Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat’ dan dilakukan di Desa Bomaki dan Lermatan, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Pada laporan kesiapan, Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf Rahmad Saerodin, S.I.P mengatakan bahwa kegiatan TMMD Tahun ini berjalan berdasarkan surat telegram rahasia Danrem dengan nomor 151/ Bny Nomor STR/45/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang perintah untuk menyusun dan merencanakan sasaran program terpadu TMMD ke - 106 Tahun 2019 dan program kerja Kodim 1507/Saumlaki tahun 2019 tentang pelaksanaan program TMMD dengan tujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang serta Kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Metode pekerjaan secara gotong royong, kerjasama secara terpadu dan lintas sektoral, waktunya satu bulan dan bertempat di Desa Bomaki dan Desa Lermatang,” kata dia.

Sementara itu, melalui amanat Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanimbar, Piterson Rangkoratat, SH mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada kegiatan yang berbasis kegotong-royongan untuk kesejahteraan bersama.

Ia menambahkan bahwa TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga tentang semangat membangun bangsa dimana bukan hanya membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi juga membangun rasa percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki.

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat membangun bangsa dan secara fisik pelaksanaan TMMD tahun ini difokuskan untuk membangun rumah layak huni. Saya berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu berpartisipasi guna mendukung dengan baik pelaksanaan TMMD ke 106 Tahun 2019 ini,” pesannya.

Selepas upacara, acara berlanjut dengan penandatanganan naskah serah terima proyek TMMD dan penyerahan peralatan kerja oleh Inspektur upacara, Sekda Rangkoratat.

Pekerjaan fisik di Desa Bomaki akan dikerjakan sebanyak 6 Unit rumah dengan ukuran panjang 7 meter (m) dan lebar 5m kepada keluarga Salvatorus Batbual, Kasianus Fenanlampir, Agapitus Lamere, Alexsius Kelyaum, Yohanis Blia dan Maria Olinger.

Pembuatan Jamban sebanyak 17 unit dengan ukuran panjang 2m dan lebar 1,5m kepada keluarga Wensislaus Fenanlampir, Mesianus Lamere, Yacob Laiyan, Firgibertus Gurumada, Simon Laiyan, Gabriel Saklaresy, Petrus Laiyan, Melanus Timpelabuan, Yohanis Watumlawar, Fransiskus Olinger, Fransiskus Lamere, Karel Saklaresy, Matheos Takandare, Markus Fasak, Kosmas Tubultenan, Fransiskus Saikmat dan Aselmus Ingnuan. Sedangkan pembuatan saluran drainase dengan ukuran panjang  200m, lebar 40cm dan tingga 50cm.

Sementara untuk Desa Lermatan akan dibangun 8 unit rumah dengan ukuran panjang 7m dan lebar 5m di keluarga  Yakob Takndarlele, Yusten Batlolone, Apolos Kilanmase, Yusumina Emray, Efraim Batmetan, Nikolaus Maskikit, Naftali Kulalean dan Niko Maskikit.

Pembuatan jambat sebanyak 10 unit dengan ukuran panjang 2m dan lebar 1,5m kepada keluarga Martin Takndarlele, Swingli Leliak, Adolof Batlayar, Wilhemus Songutman, Lambert Maskikit, Simon Maskikit, Niko Laratmase, Sarah Batlolone, Petrus Lelemase dan Alowisius Watumlawar. Sedangkan pembuatan saluran drainase dengan panjang 300m, lebar 40cm dan tinggi 50cm.

Selain Dandim Rahmad Saerodin, S.I.P. beserta Istri dan Sekda Rangkoratat, hadir pada acara itu Kasrem 151/Binaiya, Letkol Inf Dedy W. Sitanggang, Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB) AKBP Andre Sukendar, S.IK, Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr.Hanla beserta Istri, Dansatradar 245 / Nifmasbulur Letkol Lek Gatot Waseso, ST, M.Pol, Kepala Kejaksaan Negeri Saumlaki, Frenkie Son Laku, SH.

Kasdim 1507/ Saumlaki, Mayor Inf Ibrahim Soulisa berserta istri, Dankima Yonif 734/ SNS Kapten Inf Asten Simarmata, Dansubdenpom 2-3/ Saumlaki Kapten CPM Roni. W.B. SH, Staf ahli Bupati bidang politik hukum dan pemerintahan Mesak Rahandikus, S.pd,  Asisten III bidang administrasi umum Bambang Eko Priyanto, S.Pd. Para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tanimbar, para pengurus Persit Chandra Kirana Kodim 1507/Saumlaki, Jalesenastri Korcab III Cab IX Lanal Saumlaki dan Pia Satradar 245/Nifmasbulur, para Pemerintah Desa (Pemdes) Lermatan dan Bomaki, Tokoh Amaga (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Adat (Todat) dari kedua desa. (Albert Batllayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...