-->

Terlibat Skandal Penipuan, Felicity Huffman Jalani Hukuman Penjara 14 Hari

Terlibat Skandal Penipuan, Felicity Huffman Jalani Hukuman Penjara 14 HariWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Bintang serial TV “Desperate Housewives” Felicity Huffman, Selasa (15/10/2019), melapor ke penjara federal di California untuk menjalani hukuman penjara selama 14 hari.

Huffman divonis penjara setelah terbukti terlibat dalam skandal penipuan ujian masuk perguruan tinggi. Skandal itu melibatkan sejumlah orang tua kaya raya yang ingin anak-anak mereka masuk ke kampus-kampus elit di Amerika.

Menurut kelompok TASC, suami Huffman, aktor terkenal William H. Macy, mengantarnya ke Federal Correctional Institution di Dublin, penjara khusus perempuan dengan tingkat keamanan rendah yang terletak di San Fransisco Bay Area.

Penjara yang dijuluki media sebagai “Club Fed” itu masuk dalam daftar “10 Penjara Ternyaman di Amerika” versi majalah Forbes 2009. Di masa lalu penjara itu pernah menampung sejumlah tahanan terkenal, termasuk “Hollywood Madam” Heidi Fleiss.

Menurut humas kelompok TASC yang menolak disebut namanya, begitu masuk penjara itu Huffman akan berbagi kamar dan toilet terbuka dengan tiga narapidana lain. Huffman akan diperiksa sebanyak lima kali sehari, namun tetap memiliki akses pada sebuah ruang olahraga, perpustakaan dan ruang TV.

Juru bicara penjara itu, Sally Swarts, mengatakan ia tidak dapat memberikan rincian informasi tentang Huffman tetapi semua yang ada dalam buku pedoman narapidana akan diberlakukan pada aktris itu.

Associated Press mengutip Swarts mengatakan narapidana akan diberi celana berwarna khaki atau cokelat muda, blus dan t-shirt cokelat dengan kartu nama yang harus melekat sepanjang waktu. Pada hari kerja para tahanan harus bangun pukul 5.00 pagi dan sarapan pukul 5.30 pagi. Seluruh ranjang sudah harus dirapikan pada pukul 6.00 pagi. Narapidana yang secara medis dinyatakan sehat akan dipekerjakan di layanan makanan, unit pemeliharaan atau unit ketertiban.

Felicity Huffman, yang berusia 56 tahun, “siap menjalani hukuman penjara sebagaimana diputuskan hakim Indira Talwani sebagai salah satu hukuman yang diberlakukan atas tindakan Huffman,’’ ujar kelompok TASC dalam pernyataannya, tanpa merinci lebih jauh.

Bulan lalu seorang hakim di Boston mengganjar Huffman dengan hukuman penjara 14 hari, denda AS$30 ribu dolar, melakukan layanan sosial selama 250 jam dan masa percobaan selama satu tahun setelah ia mengaku bersalah melakukan konspirasi dan penipuan dengan membayar seorang konsultan sebesar AS$15 ribu, untuk memperbaiki jawaban putri-putrinya dalam ujian masuk perguruan tinggi.

Aktris peraih penghargaan Emmy itu dengan berurai air mata minta maaf atas perbuatannya, dengan mengatakan « saya takut, saya bodoh, dan saya jelas bersalah.’’

Hakim mencatat bahwa Huffman mengambil langkah ‘’untuk mendapatkan keuntungan’’ bagi putrinya dalam suatu sistem ‘’yang sudah sedemikian terdistorsi oleh uang dan keistimewaan.’’

Huffman adalah orang tua pertama yang dijatuhi hukuman dalam skandal yang merupakan skandal ujian masuk perguruan tinggi terbesar yang pernah diadili Departemen Kehakiman. (VOA)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel