-->

AS, Kanada dan Meksiko Hampir Sepakati Perjanjian Perdagangan Baru Pengganti NAFTA

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Perunding perdagangan Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko hari Jumat (30/11/2019) mengatakan optimis akan dicapainya perjanjian perdagangan Amerika utara yang baru minggu depan, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Ottawa.

Perunding Amerika, Meksiko dan Kanada tahun lalu menandatangani perjanjian dagang baru untuk menggantikan perjanjian perdagangan bebas NAFTA yang dicapai tahun 1994, tapi hanya Meksiko yang telah meratifikasi perjanjian baru itu.

“Kalau semua amandemen yang diajukan bisa diterima, termasuk berbagai perbaikan, tidak ada alasan mengapa kita tidak bisa berjabatan tangan minggu depan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Jesus Seade kepada wartawan.

Perjanjian baru itu telah diberi nama USMCA, singkatan dari Amerika, Meksiko dan Kanada.

Pertemuan Seade dengan wakil PM Kanada Chrystia Freeland dipusatkan pada perubahan-perubahan dalam perjanjian itu dan juga tambahan-tambahan yang diminta Amerika.

Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi mendukung pernyataan pejabat Meksiko itu dan menambahkan, “Perjanjian final sudah di ambang pintu.”

Kanada mengatakan akan meratifikasi perjanjian dagang baru itu bersamaan dengan Amerika. (VOA)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel