-->

Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kemacetan panjang yang tiap hari terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dua tahun terakhir, segera terurai menjelang akhir tahun 2019 dengan adanya peresmian tol layang baru.

“Hari ini, saya meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II yang dibangun sejak 2017 itu,” kata Jokowi via akun instagram.

Dikatakan ini adalah jalan tol layang sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia. Membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

Tol layang ini dibangun untuk memisahkan kepadatan kendaraan di jalur perjalanan Jakarta-Bekasi-Cikarang dengan jalur perjalanan jarak jauh seperti tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

“Saya mengapresiasi kerja besar pembangunan jalan tol ini. Saya tahu prosesnya begitu rumit: membangun jalan tol layang di atas jalan tol yang tetap dibuka dan dipadati 200.000 kendaraan setiap hari,” jelas presiden.

Ia mengatakan disisi jalan tersebut juga ada pembangunan LRT Jabodebek, dan di dekatnya lagi ada pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar. Dalam waktu dekat, Japek II dapat dilalui kendaraan, khususnya saat libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” tutup dia. (KSP)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel