KMP Dausa KW 02 Alami Kecelakaan Laut di Perairan Lermatan, 2 Orang Terluka

Baca juga:

KMP Dausa KW 02 Alami Kecelakaan Laut di Perairan Lermatan, 2 Orang TerlukaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kapal Motor Penumpang (KMP) Dausa KW 02 yang memuat 30 orang mengalami kecelakaan laut di perairan Desa Lermatan, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Rabu (4/12/2019) pukul 13.20 WIT.

Sekitar  2 orang penumpang mengalami luka dalam kejadiaj itu. Seorang warga Desa Adaut bernama Samuel Rangkouw (73) mendapat sobek pada bagian kaki kiri karena terkena muatan zeng. Sementara warga lainnya yang belum diketahui namanya mengalami luka memar atau iritasi pada kulit bagian perut karena terkena BBM jenis Premium.

Kecelakaan laut terjadi ketika kapal yang berangkat dari  Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki pada pukul 13.00 Wit KMP Dausa KW 02 berlayar dengan tujuan Pelabuhan Adaut, Kecamatan Selaru, dengan muatan 2 unit kendaraan roda dua , 1 ton sembako, 12 jerigen pertalite dan 4 jerigen solar ini diterpa gelombang yang mengakibatkan masuknya air laut kedalam badan kapal .

Gelombang laut yang besar pada pukul 13.20 Wit tepatnya di perairan sekitar Desa Lermatang membuat haluan KMP Dausa tidak dapat melanjutkan perjalanan mereka. Akhirnya juru mudi mengambil inisiatif untuk berlabuh di depan perairan Lermatang pada koordinat 08° 00.579 LS, 131° 14.110 BT.
KMP Dausa KW 02 Alami Kecelakaan Laut di Perairan Lermatan, 2 Orang Terluka
Setelah menerima laporan dari seorang nelayan bernama Ode Thamrin, Polairud Kepolsiian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat  (MTB) Ipda J.M. Seleky bersama personil Piket SPKT, Sat Polairud, Pos Kawasan Pelabuihan, Basarnas, Polsek Selaru dan TNI AL langsung mendatangi TKP dengan menggunakan KP. 2010 milik Polair untuk memberikan bantuan dan pertolongan.

Mereka kemudian mengevakuasi muatan KM Dausa KW 02 dengan bantuan long boat nelayan Desa Lermatang serta beberapa kapal penumpang antara lain; Speed Boat Tutuk Ratu yang di koordinir Kapolsek Selaru Ipda K. Molle, 1 unit rubber boat Lanal Saumlaki, 1 unit KN kapal navigasi Perhubungan Saumlaki.

Ke 30 orang penumpang yang dievakuasi ke Desa Lermatang untuk selanjutnya dibawa ke Saumlaki melalui jalur darat diantaranya Samuel Rangkouw, Yokbet Slarmanat, Melanton Slarmanat, Julia Tetelepta, Glori Fenjalan, Ella Kilanmasa, Fani Emanratu, Cemu Sabarlele.

KMP Dausa KW 02 Alami Kecelakaan Laut di Perairan Lermatan, 2 Orang TerlukaSelanjutnya, Dominggus Titirloloby, Evert Silalebit, Rina Slarmanat, Sandro Slarmanat, Vivi Slarmanat, Fira Moriolkosu, Abe Halirat, Obet Emanratu, Wa Ode, Fonsu, Odelia Sorlury, Au Abarua, Lusia Kusali, Yohana Kilanmase, Jon Fordatkosu, Enderika Sabarlele, Cristopel Sabarlele, Cristopel Tubuyanak,Yakop Fenjalang, Habel Luanmasar, Aldry Tetelepta dan Dedy Tetelepta

Sementara Kru KMP. Dausa yang ikut dievakuasi daintaranya Edy Loewens (Kapten), Duward Angwarmase, Menase Sabarlele, Jurlius Ngilamele dan Oni Lessy.
Meski tidak ada korban jiwa, dari kejadian ini diperkirakan kerugian materi yang dialami mencapa sekitar Rp300 juta. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...