-->

Sesar Aktif Picu Gempa 5,O SR di Aceh Besar

ACEH BESAR, LELEMUKU.COM – Wilayah Aceh Besar diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M=5,5 selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5,0 pada Kamis (5/12/2019) pukul 16.13.50 WIB.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, S.Si., M.Si bahwa episenter terletak pada koordinat 5,21 LU dan 95,79 BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah tenggara Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 10 km.

Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme sesar mendatar/geser (strike-slip fault).

Dampak gempa dirasakan di daerah Sukamakmur Aceh Besar, Pidie, Peukan Banda Aceh, Aceh Jaya, Mata Ie dalam skala intensitas II-III MMI dimana guncangan dirasakan oleh semua orang seakan akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil monitoring BMKG juga belum tampak ada aktivitas gempa susulan (aftershock).

Gempa Aceh Besar ini sangat menarik dikaji, karena terjadi di zona Sesar Segmen Seulimeum yang sudah sekian lama tidak terjadi gempa. Catatan terakhir bahwa di zona ini pernah terjadi gempa pada tahun 1964 berkekuatan M=6,5 dan pada tahun 1967 berkekuatan M=6,8.

Segmen Sesar Seulimeum ini memiliki magnitudo tertarget mencapai M=6,9 dengan laju pergeseran sesar 7,0 mm per tahun. Sesar aktif ini patut untuk diwaspadai. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel