Monitoring Polmas di Lauran dan Wowonda

Baca juga:

SAUMLAKI – Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Andi Heru Santoso, ST.MK., S.H., M.H.,bersama rombongan dari Korbinmas Barharkam, Lemdiklat, dan JICA lakukan monitoring melalui kunjungan kerja di Desa Lauran dan Wowonda, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Rabu (15/1) pukul 14:00 WIT.

Kunjungan kerja ini dilakukan untuk melihat situasi Desa Lauran dan Wowonda dan 3 Pilar yang telah terbentuk di 2 desa tersebut.

Kedatangan tim Monitoring Polmas disambut dengan tarian – tarian adat dan sambutan selamat datang oleh Tua – tua adat Desa Wowonda serta penggalungan syal tais oleh Kepala Desa Lauran, Maria Vanny Masela dan Pjs. Kepala Desa Wowonda, Benjamin Kore.

Dalam sambutannya dalam kegiatan, ketua Tim Anjak Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Andi Heru Santoso mengungkapkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa merupakan tulang punggung untuk tim JICA.

Ia mengapresiasi warga Lauran dan Wowonda karena miliki semangat yang luar biasa dalam mendukung semua tugas dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kasat Binmas, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa dari Kodim Saumlaki sehingga desa tersebut selalu aman terkendali.

“Pelanggaran ataupun kejahatan yang terjadi di desa dapat diselesaikan secara musyawarah antara kepala Desa Wowonda, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. Segala permasalahan bisa diselesaikan dengan adanya 3 pilar yang siap sedia selama 24 jam,” ujar dia dalam tatap muka tim Polmas bersama perangkat Desa dan masyarakat Desa Wowonda di Aula Kantor Kepala Desa tersebut.

Dijabarkan kerjasama pihaknya dengan Polisi Jepang melalui JICA yang sesuai dengan MOU selama 20 tahun telah memberikan hasil yang luar biasa. “Saya berharap agar apa yang sudah diterima pada saat pelatihan di Bekasi agar diimplementasikan di desa, dan semoga dengan semangat yang dimiliki oleh warga desa Wowonda menjadi motivasi dalam membangun,” tutup dia.

Hal ini dilanjutkan dengan penjabaran National Expert JICA oleh Purnawirawan Kombes Pol Dra. Tiktik Rustika yang mrngungkapkan sejak berpisahnya Polisi dengan TNI maka ada budaya yang perlu ditingkatkan oleh kepolisian yaitu pendekatan terhadap masyarakat sehingga adanya kerjasama dengan kepolisian Jepang untuk meningkatkan diri kepada masyarakat dahulu disebut dengan Polmas dan sekarang disebut sebagai Bhabinkamtibmas.

“Kepolisian Jepang ingin membantu kepolisian Indonesia melalui lembaga JICA, dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian serta meningkatkan kapasitas kepolisian. Peningkatan kualitas kepolisian melalui Pelatihan sebagi pilot project di bekasi dan akan dilaksanakan sampai dengan tahun 2022,” tutup dia.

Selanjutnya Kepala Desa Wowonda dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada kepolisian yang selalu sigap menjalankan kamtibmas di desa tersebut.
“Sebab situasi kamtibmas sebelum adanya Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dimana jika terjadi kasus maka warga walaupun tengah malam akan tetap melaporkan masalah, dan setelah ada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa segala masalah ataupun kasus dapat diselesaikan dengan cepat,” jelas dia.

Hadir pula dalam kegiatab tersebut Kasubdit Bhabinkamtibnas Dit. Binmas Polda Metro Jaya AKBP IGM Sali Pudja Wijaya, S.E; Waka Polres MTB Kompol Lodevicus Tethool, S.H., M.H; Kasat Lantas Polres AKP J. D. Baumasse, S.Sos; Kapolsek Saumlaki IPTU A. R. Bana, S.Sos; Bhabinkamtibmas 2 Desa; Babinsa 2 Desa; dan perwakilan masyarakat. (HumasPolresMTB)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...