-->

Tingkatkan Minat Baca di Perbatasan, Perpustakaan Keliling TNI Kunjungi Siswa SD YPK Kuler

MERAUKE, LELEMUKU.COM – Pepatah “Membaca Adalah Jendela Dunia” merupakan suatu ungkapan yang tepat, karena dengan membaca buku, akan banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan, memperluas wawasan seseorang, beraneka kejutan dan hiburan pun bisa diperoleh melalui membaca buku.

Menurut Kapendam XVII/ Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa guna menghadirkan jendela dunia itu diperbatasan RI-PNG, sejak awal bertugas di bulan Agustus 2019, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad berinovasi menyulap Truk Dinas Tentara jenis NPS menjadi mobil pintar “Perpustakaan Keliling” yang membawa ratusan judul buku dan satu buah televisi 42 inci untuk nonton bersama.

Kini dimasa tugasnya yang sudah berjalan sekitar enam bulan, Perpustakaan Keliling Tentara kembali menyambangi Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kuler yang dipimpin langsung oleh Danki Satgas Lettu Inf Aprianto Trianggoro Putro, S.T.Han. Pada Rabu (29/01/2020)

Dalam kegiatan tersebut Danki Satgas mengatakan bahwa SD YPK Kuler di Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke menjadi sekolah kesepuluh yang disambangi oleh 10 personel Satgas dari Pos Kuler dengan Perpustakaan Keliling, hal ini adalah pertama kali ada perpustakaan keliling disekolah tersebut.

“Sengaja kami datangkan perpustakaan keliling dari Pos Kout, untuk membangun minat baca dan memperluas pengetahuan dan wawasan siswa-siswi di SD YPK Kuler. Selain itu juga ada nonton bareng film tema perjuangan serta membagikan bubur kacang hijau setelah kegiatan usai guna menambah gizi para siswa,” Ucap Lettu Inf Aprianto.

Selanjutnya Danki Satgas juga menambahkan bahwa kegiatan Perpustakaan Keliling merupakan salah satu program teritorial Satgas untuk menghadirkan jendela ilmu pengetahuan bagi anak-anak yang ada disekolah perbatasan.

“Inovasi ini sebagai usaha meningkatkan prestasi siswa, membantu mengajar di sekolah disekitar pos Satgas juga dilakukan, kita juga memberikan bimbingan belajar di pos. Bagi kami pendidikan dan ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat penting meskipun dihadirkan dalam bentuk yang sederhana,” Tambah Danki Satgas.

Kepala Sekolah SD YPK Kuler, Ibu Deniana Makailipessi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak TNI yang telah datang membawa Truk Tentara dengan disulap menjadi Perpustakaan Kelilng yang menarik.

“Terimakasih banyak bapak-bapak TNI, telah singgah ke sekolahan kami, senang rasanya melihat siswa-siswi kami semangat dan antusias dalam membaca buku, ini adalah kali pertama dan tentunya menjadi hal baru dan membuat siswa-siswi semakin semakin cinta dengan membaca,” pungkasnya. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel