-->

Yanto Asri Jadi Irup Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74 Tahun 2020 di Weda

WEDA, LELEMUKU.COM – Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah menghadiri Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke -74 tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah yang bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama jalan Moreala-Weda Kecamatan Weda. Jumat (03/01/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Yanto M. Asri selaku Inspektur Upacara dalam upacara peringatan HAB membacakan Amanat Menteri Agama RI Fachrul Razi menyatakan bahwa Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubunganagama dan negara, yaitu ‘teori integrasi’, penyatuan agama dengan negara, dan ‘teori sekularisasi’, pemisahan agama dengan negara. Para founding fathers negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu ‘teori akomodasi’ menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun.

“Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan darispirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatanidentitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme” kata Yanto M. Asri

Sekretaris Daerah yang baru dilantik 13 Desember 2019 lalu juga menyampaikan bahwa Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Turut hadir dalam peringatan HAB pimpinan dan anggota DPRD, FKPD, Sfaf Ahli, asisten, pimpinan OPD lingkup Pemda Halmahera Tengah, kepala kantor Kememterian Agama Hi. Muhammad Qubais Baba serta jajaran Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah dari Madrasah Aliyah, Tsanawiah dan Madrasah Ibtidyah. (DiskominfoHalteng)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel