Zakharias Emanratu Lakukan Gerakan Tanam dan Konsumsi Sayur Kelor di Selaru

Baca juga:

ADAUT, LELEMUKU.COM – Camat Selaru di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Zakharias Emanratu, SP mengajak seluruh masyarakat di kecamatan yang dipimpinnya itu untuk menanam sayur kelor atau merunggai, yaitu sejenis tumbuhan dari suku Moringacea yang kaya akan sejuta manfaat kesehatan.

Hal itu ia katakan seturut dengan kegiatan gerakan penanaman anakan sayur kelor yang diprakasai oleh pihaknya. Gerakan menanam itu juga didukung penuh oleh seluruh stakeholder di Selaru yang diawali dari Desa Adaut dan kemudian akan dilakukan ke Desa Kandar, Namtabun, Lingat, Werain, Fursui dan Eliasa.

“Ini adalah kegiatan gerakan penanaman anakan sayur kelor yang dimulai dari Desa Adaut. Harapannya kegiatan ini dapat memberi kesadaran tentang pentingnya makan sayur-sayuran, secara khusus sayur kelor ini sebagai ratunya sayuran yang mengandung banyak nilai giz,” ungkap Emanratu kepada Lelemuku.com pada Jumat (10/01/2020).

Kemudian ia pun menambahkan ajakan untuk mengkonsumsi sayur kelor dengan menyampaikan beberapa manfaat dari sayuran yang memberikan nutrisi untuk tubuh dan kaya akan ramuan tradisional itu, diantaranya kaya akan antioksidan, menurunkan kadar gula darah, meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, melindungi tubuh dari keracunan arsen, mengatasi kanker dan baik untuk daya ingat.

Selain direbus, tanaman kelor bisa diolah menjadi berbagai menu, seperti pudding daun kelor, nugget tempe kelor, sup ayam daun kelor, bakwan daun kelor, telur dadar daun kelor, sup segar bayam daun kelor, ayam teriyaki daun kelor, bolu daun kelor kukus dan jus daun kelor nanas.

“Selain banyak dijumpai di Selaru, tanaman ini juga dapat bertahan pada semua cuaca serta tak perlu memberi perawatan yang lebih. Harapannya masyarakat secara umum dapat mengkonsumsinya. Orang tua dalam keluarga semua, karena ini bagus juga untuk anak-anak,” tambahnya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...