Biak Mendapat 20 Dokter Internship di Awal Tahun 2020

Baca juga:

BIAK, LELEMUKU.COM – Sebanyak 20 dokter yang ikut dalam Program Dokter Internship Indonesia (PIDI) angkatan VII tahun 2020 yang ditempatkan di Kabupaten Biak Numfor akhir pekan ini direncanakan tiba. Sementara 20 dokter internship angkatan VI kini masa tugasnya selesai sejak, Rabu (12/02/2020).

Sebanyak 20 dokter dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang masa magangnya sudah tuntas itu akan kembali ke tempat asalnya masing-masing setelah kurang lebih satu tahun bertugas di RSUD Biak dan Puskesmas Biak Kota Kabupaten Biak Numfor.

Dokter internship angkatan VI yang telah ditarik itu akan diganti oleh dokter internship angkatan VII tahun 2020. Dokter internship angkatan VII yang juga berjumlah sebanyak 20 orang itu sebagiannya direncanakan sudah mulai menjalankan tugasnya di Kabupaten Biak Numfor dalam waktu dekat.

“Jadi dokter internship angkatan VI ini masa tugasnya selama satu tahun sudah selesai, mereka akan digantikan dokter internship angkatan VII dan jumlahnya juga sama,” kata Direktur RSUD Biak dr. Richard Ricardo Mayor, M.Kes kepada wartawan disela-sela acara pelepasan 20 dokter internship angkatan VI.

Dikatakan, keberadaan dokter intership di Kabupaten Biak Numfor cukup membantu. Pasalnya, dokter-dokter muda itu tidak sekedar magang untuk memenugi syarat menjadi dokter penuh (syarat mendapatkan sertifikat STR) namun juga mereka cukup banyak membantu pelayanan karena terjun langsung membantu melayani pasien.

“Tahun 2020 adalah tahun ketujuh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dokter intership, dan hingga dengan angkatan VI sudah ada 97 dokter internship ditempatkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan,” ucap dr. Ricardo Mayor.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd juga memberikan apresiasi terhadap kinerja dan keberadaan dokter internship. Keberadaan dokter-dokter muda ini dinilai penting, mereka (dokter) tidak sekedar melakukan magang sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat STR, namun juga cukup membantu dalam pelayanan.

“Pelayanan kesehatan menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk terus ditingkatkan. Karenanya, program-program pemerintah pusat dengan menempatkan dokter di Biak walaupun tidak lama tetap membantu kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay, SH.,MM diacara pelepasan dokter internship angkatan VI, di RSUD Biak.

Sekedar diketahui, internship adalah pendidikan profesi untuk k pemahiran dan pemandirian dokter setelah lulus pendidikan dokter. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan, dan internship adalah konsekuensi UU praktek kedokteran yang berdampak pada pendidikan dokter.

Dokter-dokter internship yang ditempatkan di Biak Numfor berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, namun untuk beberapa tahun terakhir sudah lebih banyak didominasi dokter dari lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih. (HumasBiakNumfor)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...