-->

Menangkal Paham Radikalisme, Polres MTB Gelar Sambang Perairan Program Quick Wins Polri di Pelabuhan Saumlaki

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar kegiatan Sambang Perairan dalam rangka mendukung Program Quick Wins Polri kegiatan 1 ‘Penegakan Hukum bagi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila’ pada Kamis (20/02/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kompleks Pelabuhan Saumlaki yang berdasarkan pada Surat Perintah Kapolres Nomor : Sprin / 132 / II / 2020 tanggal 07 Februari 2020.

Kasat Polairud Polres MTB, IPDA J.M. Seleky mengatakan bahwa program Quick Wins Polri tersebut merupakan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Paham radikal adalah paham dari orang-orang yang ingin mengubah ideologi negara kita dengan melalui berbagai cara dan Pancasilalah ideologi negara kita yang sudah final dan harus dijaga sebagai ideologi yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam perbedaan.

“Melalui kegiatan ini, saya mengajak bapak-bapak untuk bersama-sama mengantisipasi masuknya paham-paham di luar ideologi negara kita yaitu Pancasila. Bila suatu saat nanti bapak menemukan penyebaran paham-paham radikal seperti ini, kami harap agar segera dilaporkan kepada pihak Kepolisian,” kata dia.

Seleky berharap agar para nelayan dan masyarakat di pesisir dapat berpartisipasi aktif dalam menangkal paham-paham yang hendak merongrong Pancasila dan NKRI dan bersama-sama menjaga cita-cita pendiri bangsa dalam hidup di alam kemerdekaan dalam kedamaian dan kesejahteraan.

“Kita harus saling menghargai antara sesama, menjaga kerukunan antar umat beragama, meningkatkan rasa kekeluargaan dan selalu bekerja sama dengan baik. Terutama antara sesama nelayan agar pekerjaan dalam mencari nafkah di laut dapat berjalan dengan baik. Jangan lupa agar dalam menjalankan kegiatan di laut, jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” harapnya.

Kemudian Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tanimbar Selatan (Tansel), Frets Watutamata S.Hut menyampaikan bahwa pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menangkal paham radikal dan memperkuat Pancasila sebagai Ideologi Negara kita.

Ia menuturkan pihaknya sangat mendukung dan menyambut gembira kegiatan itu untuk dapat menangkal paham radikali di Tanimbar demi keamanan dan ketertiban. Watutamata pun mengimbau para nelayan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan laut dan tidak membuang sampah ke laut agar kelestarian lingkungan laut kita dapat terjaga dengan baik

“Terorisme biasanya muncul dari orang-orang yang berfikir bahwa orang yang di luar keyakinannya adalah kafir, sehingga paham-paham yang tingkat fanatisme keagamaannya tinggi seperti inilah yang dapat memicu tindakan-tindakan yang mengarah radikal. Oleh karena itu mari bersama-sama kita menjaga kerukunan antar umat beragama serta saling menghargai antara para pemeluk agama yang lain,” tutupnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Saumlaki Brigpol Alfi Toisuta mewakili Kapolsek Tansel memberi ucapan terima kasih kepada para nelayan yang telah senantiasa menjaga Kamtibmas di wilayah atau lingkungan.

“Sya menghimbau kepada kita semua agar bapak-bapak dapat membantu kami dari pihak kepolisian agar segera melaporkan bilamana menemukan kelompok-kelompok yang hendak mengembangkan paham radikal di lingkungan kita,” imbau dia.

Kegiatan pun berlanjut dengan pembacaan Komitmen Moral, penyerahan Sarana Kontak berupa Bendera Merah Putih, Teks pancasila, Life Buoy, Paket sembako. Penadatanganan Komitmen Moral dan Berita Acara Penyerahan Saran Kontak. Hadir pula Kelompok Nelayan Pesisir Pantai Gunung Nona, Personil Sat Polairud Polres MTB dan Personil Subbag Humas Bag Ops. (HumasPolresMTB)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel