-->

Pemkab Malra Rapat Bersama Berbagai Pihak Sikapi Wabah Pandemik Virus Corona

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Sesuai Arahan Presiden Republik Indonesia melalui Konferensi Pers yang dilaksanakan di Istana Bogor, Minggu 15 Maret 2020, dalam rangka menyikapi Permasalahan Covid 19 yang telah ditetapkan sebagai Pandemik oleh World Health Organization (WHO). Maka Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku menggelar Pertemuan bersama Forkopimda Maluku Tenggara, Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Kepala Bandar Udara Karel Sadsuitubun,
Health Quarantine (Karantina Kesehatan Pelabuhan), Kepala Bulog Kab. Malra dan FKUB Kab. Maluku Tenggara di Aula Kantor Bupati Baru, Jl. Abraham Koedoebun Langgur pada Senin, (16/03/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati M. Thaher Hanubun, menyampaikan beberapa hal, diantaranya untuk membangun koordinasi dan komunikasi yang intens dari berbagai pihak untuk peningkatan kewaspadaan terhadap Covid di Malra, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga ketahanan diri dan keluarga melalui pola hidup sehat, dengan rajin mencuci tangan, rajin berolahraga serta menggunakan masker bagi penderita batuk dan influenza serta Menjaga Kebersihan Lingkungan.

Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak panik dan memborong bahan makanan secara berlebihan, karena stok bahan makanan di Kabupaten Maluku Tenggara mencukupi untuk beberapa hal kedepan.

Memerintahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta pihak-pihak terkait lainnya untuk melakukan Operasi Pasar, guna menghindari Penimbunan Bahan Makanan dan memerintahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara dan RSUD Karel Sadsuitubun Langgur untuk menyiapkan dan menerapkan Protokol (SOP) Penanganan Covid yang dilandasi oleh Protokol Penanganan Covid 19 yang dikeluarkan oleh WHO dan Pemerintah Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Malra dan Pihak terkait lainnya untuk secara masif mensosialisasikan dan menyebarkan informasi terkait indikator Penderita Covid 19 dan cara-cara pencegahan melalui berbagai media, membentuk Satuan Tugas dan atau Gugus Tugas yang melibatkan berbagai pihak guna meningkatkan kewaspadaan dan penanganan secara komprehensif terhadap ancaman penyebaran Covid 19.

Satuan Tugas dan atau Gugus Tugas bagaimana dimaksud dipusatkan di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur dan melibatkan seluruh Puskesmas dan Poskesdes serta bertugas menangani dan menindaklanjuti Laporan masyarakat terkait indikasi Penyebaran Covid 19, juga memantau perkembangan kesehatan masyarakat, lebih khusus bagi pendatang yang baru kembali dari luar daerah.

“Sesegera mungkin mengadakan Peralatan Thermal Scanner dan alat lain yang diperlukan untuk ditempatkan di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur maupun pada titik-titik aktifitas kedatangan penumpang,” pinta dia.

Hanubun pun mengimbau agar masyarakat tidak menyebarkan informasi yang belum diyakini kebenarannya (HOAX) atau informasi-informasi terkait Covid 19 yang dapat meresahkan masyarakat, serta meminta Pihak Kepolisian untuk menindak tegas Penyebar Berita Bohong atau menyesatkan terkait Pandemik Covid 19.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara untuk melakukan pengkajian secara cepat dan tepat guna menetapkan langkah-langkah strategis untuk melindungi Peserta Didik dari ancaman Covid 19 dan apabila dipandang mendesak maka dapat meliburkan Persekolahan dalam jangka waktu yang ditentukan, serta mengembangkan Pola Belajar On Line dari Rumah masing-masing. Seluruh Pimpinan OPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak melakukan Perjalanan Dinas ke Luar Daerah untuk jangka waktu yang akan ditentukan melalui Surat Edaran Bupati Maluku Tenggara dan OPD untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya menghimpun banyak orang,” imbaunya.

Bupati Thaher Hanubun meminta seluruh Masyarakat Malra untuk sedapatnya tidak melaksanakan perjalanan ke luar daerah apabila tidak dalam urusan yang penting dan mendesak, tidak menyarankan Keluarga yang Berdomisili pada wilayah-wilayah Terluar Pandemik Covid 19 untuk kembali ke Maluku Tenggara, namun tetap memberi Penguatan dan semangat serta menghimbau agar tetap beraktivitas di Rumah.

“Sebagai Umat yang Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, patutlah kita mensyukuri Berkat Tuhan sehingga sampai dengan saat ini, Kabupaten Maluku Tenggara masih terhindar dari Penyebaran Covid 19, seraya memanjatkan Doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menurut Agama dan Kepercayaan Kita masing-masing agar Kita dan Daerah Kita yang Cintai ini terhindar dari Bahaya Covid 19,” imbau Bupati. (HumasMalra)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel