-->

Stasiun Geofisika Saumlaki Bangun Sikap Tanggap Gempabumi dan Tsunami Kepada Siswa SMP di Tanimbar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Stasiun Geofisika Saumlaki sebagai perpanjangan tangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melakukan sosialisasi dan edukasi tentang gempabumi dan tsunami di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cor Unum Alusi pada Kamis (27/02/2020) dan di SMP Satu Atap Lumasebu pada Sabtu (29/02/2020).

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Saumlaki, George F. A. Muabuay, S.Si., M.Sc kegiatan tersebut melibatkan dewan guru dan para siswa kelas VII hingga IX yang bertujuan untuk membangun sikap tanggap gempabumi dan tsunami di sekolah.

Dalam sosialisasi di kedua sekolah, Stasiun Geofisika Saumlaki memberikan materi pengenalan singkat mengenai BMKG dan Stasiun Geofisika secara umum, pemahaman, informasi dan tanggap tentang gempabumi dan tsunami serta simulasi evakuasi mandiri terhadap kejadian gempabumi signifikan atau kuat untuk melatih kesiapan sekolah dalam melakukan evaluasi mandiri pada saat terjadinya gempabumi.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara memberikan paparan materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar materi yang telah diberikan. Sedangkan untuk simulasi evakuasi gempabumi dan tsunami di SMP Cor Unun Alusi dilakukan bersama 2 orang guru dan 38 siswa dan di SMP Satu Atap Lumasebu dilakukan bersama 5 orang guru dan 92 siswa sebagai peserta kegiatan. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel