Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Malra Melaporkan Kinerja Per 26 Maret

Baca juga:

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyampaikan laporannya terkait Penanggulangan Covid-19 melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Kamis (26/03/2020).

Ketua Tim Gugus Tugas, Kepala BPBD Kabupaten Malra, Drs. M. Ingratubun dan Sekretaris Gugus Tugas, Dr. K. Notanubun di Ruang Kerja Media Center Penanganan Covid 19, Kantor Bupati Baru Jl. Abraham Koedoeboen Langgur-Debut mengatakan pada Rabu (25/03/2020) telah dilaksanakan Acara Ritual Adat yang berlokasi di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur dan Lokasi Pelabuhan Motor Watdek Langgur yang dilakukan oleh Dewan Adat yang terdiri dari Para Rat Kepulauan Kei sebagai manivestasi Kebudayaan Suku Kei, agar sekiranya Kepulauan Kei dapat terhindar dari Bahaya Penularan Covid 19.

Kemudian Ketua, Sekretaris dan beberapa Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mengunjungi Pelabuhan Motor Watdek dan Pasar Langgur melihat bantuan Cuci Tangan dan Wadah Sabun yang merupakan Bantuan dari HIPMI Kota Tual sekaligus mempraktekan Cara Mencuci Tangan yang Benar kepada para Pengunjung yang ada di daerah Pelabuhan Motor dan Pasar Langgur.Dilanjutkan pada Pukul 15.30 WIT adanya Penyemprotan disinfektan pada Gedung RRI Tual, Kantor KPUD Kabupaten Maluku Tenggara, Klinik Husada Perumnas dan pemeriksaan Rutin Pada Penumpang Wings Air di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur, dengan jumlah yang diperiksa 74 orang dengan hasil Pemeriksaan negatif atau tidak ditemukan gejala Penderita Covid 19.

Pemeriksaan Rutin dilakukan di Pelabuhan Motor Watdek sebanyak 250 orang, ditemukan 1 anak laki-laki usia 9 tahun dengan suhu tubuh 38 derajat C. Setelah dilakukan Anamnese, tidak ditemukan gejala Covid 19 sehingga yang bersangkutan hanya diberikan obat guna membantu proses penyembuhan.

Selanjutnya telah beredar informasi melalui Media Sosial yang menyatakan terdapat 1 orang Penderita Covid 19 di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur dan RS Hati Kudus Langgur. Sehingga disampaikan bahwa informasi tersebut menyesatkan dan tidak benar (Hoax). Tim gugus meminta masyarakat Maluku Tenggara agar Tidak Panik, Tetap Tenang dan Tidak Mawas Diri.

Terdapat pula laporan nasyarakat tentang tamu yang berasal dari Bandung dan menginap di Hotel Kimson dan dalam kondisi Sakit. Tim Kesehatan segera menindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan melaporkan bahwa tamu tersebut bukan dari Bandung tetapi dari Malang dan berjumlah 6 orang dan dari Bali berjumlah 2 orang. Tamu tersebut Cek in tanggal 22 Maret 2020 dan Cek Out tanggal 24 Maret 2020 dan semuanya telah kembali ke Daerah Asal dengan Kondisi Sehat.

Selanjutnya pada Kamis (26/03/2020), Tim gugus melakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Lokasi Swalayan Gota, Makodim 1503, RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, BRI Cabang Tual, Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Tual, Kantor Pos Langgur, Kantor KPPN Tual dan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara.

Ditemukan 2 ODP (Orang Dengan Pemantauan) dengan rincian ODP 1 Jenis Kelamin Perempuan, umur 38 Tahun beralamat di Watdek saat ini sementara Rawat Jalan dengan Riwayat Perjalanan dari Luar Negeri (Abu Dhabi), ODP ditetapkan pada tanggal 23 Maret 2020 dan ODP 2 Jenis Kelamin Laki-Laki, umur 51 Tahun beralamat di Wearsten. Saat ini sementara Rawat Inap di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur dengan Riwayat Perjalanan dari Luar Daerah (Jawa-Bali). ODP ditetapkan pada tanggal 25 Maret 2020 dan Kedua ODP tersebut tetap dilakukan Pemantauan selama 14 hari untuk dilakukan Pemeriksaan Ulang. (HumasMalra)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...