Kategori Wilayah Hijau, Herry Naap Tetap Fokus Cegah Covid-19 di Biak

Baca juga:

BIAK, LELEMUKU.COM – Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Biak Numfor hingga Kamis (02/04/2020) sesuai dengan data di Gugus Tugas Percepatan Pengamanan Covid-19 sebanyak 71 orang.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia dan Papua, Kabupaten Biak Numfor masih tetap masuk dalam kategori wilayah “hijau” (belum ada kasus positif corona). Di Papua sendiri sudah ada 12 orang dinyatakan sudah positif terinfeksi virus corona, di Kabupaten Merauke 3 kasus (dua sembuh), Kota Jayapura 4 kasus, Kabupaten Mimika juga tiga kasus atau tiga orang dinyatakan postif, dan terakhir malam tadi RSUD Yowari melaporkan dua dari lima pasien PDP dinyatakan positif tertular virus corona.

Terkait dengan status masih hijau dimaksud, tetapi semua pihak diharapkan tetap ikut waspada dan mendukung upaya-upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui gugus pencegahan. Dukungan masyarakat dengan memperhatikan himbaun pemerintah dan menghindari tindakan-tindakan beresiko terhadap penularan virus sangat diharapkan.

Daftar jumlah 71 ODP adalah orang yang pernah kedaerah tertular dan lebih banyak adalah penumpang di KM. Ciremai dan KM. Sabuk Nusantara yang sandar di Pelabuhan Biak pekan lalu.
Sementara yang tercatat sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) tetap dalam pantauan secara serius oleh tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ada 200-an orang. Ya, pengawasan itu tetap dilakukan sebagai upaya tetap menjaga Kabupaten Biak Numfor tetap dalam klasifikasi “hijau” atau bebas dari virus korona.

Terkait dengan itu, maka semua pihak dan masyarakat tanpa terkecuali diharapkan tetap ikut menjaga dan mempertahankan Kabupaten Biak Numfor masuk dalam kategori wilayah hijau dari peta virus corona di wilayah Indonesia pada umumnya dan Papua khususnya. Karenanya, masyarakat diharapkan tetap menjaga diri dan menghindari hal-hal yang memungkinkan sebagai penyebabterjadinya penularan penyakit mematikan itu.

“Kita patut syukuri sampai saat ini Kabupaten Biak Numfor masih bebas dari virus korona, namun dukungan dari semua pihak untuk tetap menjaga daerah kita tetap “hijau” sangat diharapkan. Ikuti arahan dari pemerintah yang saat ini terus berupaya melakukan berbagai tindakan pencegahan,” ujar Bupati yang juga adalah Ketua Gugus Tugas Percepatan Pengamanan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

“Upaya-upaya pencegahan tetap digalakkan, kita tidak boleh lengah. Dan saya berharap sekali lagi semua pihak harus mendukung, semua kebijakan dan aturan dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor terkait dengan virus korona ini adalah yang terbaik untuk kepentingan orang banyak,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, hingga Kamis (2/4) kemarin, data yang ada di Poskoh Gugus Tugas Kabupaten Biak Numfor tercatat 71 orang masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP). Status orang sebbagai OPeningkatan jumlah ODP itu lebih banyak dari KM. Ciremai dan KM. Sabuk Nusantara 63.

“Status ODP ini lebih banyak penumpang yang datang dari luar Biak, mereka memang tinggal di Biak namun sebelumnya bepergian ke luar daerah. Ya, mereka dijadikan ODP setelah melalui pemeriksaan dan itu lebih mudah dalam pengawasan,” ujar Duwiri.

“Yang diharapkan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor saat ini adalah bagaimana semua pihak mendukung upaya-upaya pencegahan, ini penting untuk menjaga Kabupaten Biak Numfor tetap bebas dari virus korona. Sebab, sampai saat ini Biak Numfor masih aman dari virus corona, namun kita harus tetap waspada,” lanjutnya. (HumasBiakNumfor)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...