Paskalina Kusumawati Ungkap 6 Petugas Medis Puskesmas Wae Nakeng Negatif COVID-19

Baca juga:

Paskalina Kusumawati Ungkap 6 Petugas Medis Puskesmas Wae Nakeng Negatif COVID-19LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Hasil pemeriksaan laboratorium SWAB Nasofaring enam Petugas Medis Puskesmas Wae Nakeng, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Terkonfirmasi Negatif Covid 19 setelah dihari yang sama dua orang remaja kluster Magetan dari kelurahan Labuan Bajo Terkonfirmasi Positif Covid 19.

Hasil Terkonfirmasi Negatif Covid 19 terhadap enam hasil Swab tersebut sesuai dengan surat dari Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Nomor: RSUD.PK.C19.947 tanggal 20 Mei 2020, sebagaimana disebutkan dalam Siaran Pers Media Center Covid19 Kab. Manggarai Barat Nomor:017/SP/MCCOVID19/MABAR/V/2020, Kamis (21/5/2020).

Sampai dengan saat ini, total pasien yang Terkonfirmasi Negatif Covid 19 setelah pemeriksaan hasil test Lab dari Manggarai Barat berjumlah 14 orang, namun 2 orang diantaranya sudah kembali kerumah masing-masing setelah Dinas Kesehatan Mabar mengeluarkan surat keterangan bebas Covid19.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat Paskalina Kusumawati menjelaskan, keenam Petugas Medis tersebut sebelumnya pernah menjalani rapid test dengan hasil positif dan positif samar di Puskesmas Wae Nakeng, Kecamatan Lembor.

Dijelaskannya Keenam Petugas Medis menjalani rapid test setelah diduga melakukan kontak langsung dengan pelaku perjalanan dari Kluster Gowa.

Dikatakannya, keenam petugas secara mandiri datang ke RSUD Komodo pada tanggal 3 Mei 2020 untuk menjalani rapid test. Hasil dari rapid test tersebut adalah 2 orang positif rapid test dan langsung diambil sampel SWAB untuk diperiksa lebih lanjut.

Sementara hasil rapid test 4 orang lainnya adalah positif samar, sehingga kemudian dilakukan rapid test tahap 2 pada tanggal 3 Mei 2020 dengan hasil negatif.

"Namun pada tanggal 15 – 16 Mei 2020, keempat Petugas Medis yang hasil rapid test negatif tersebut tetap diambil sampel SWAB nya untuk diperiksa lebih lanjut," jelasnya

Merujuk pada informasi tersebut di atas, lanjut Kabid P2P, dihimbau kepada masyarakat terutama masyarakat di Kecamatan Lembor yang menjadi wilayah cakupan Puskemas Wae Nakeng agar tidak perlu merasa khawatir atau ketakutan yang berlebihan terutama jika harus melakukan interaksi dengan para Petugas Medis Puskesmas Wae Nakeng, katanya

Ditegaskanya Pemkab Manggarai Barat tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib dan patuh pada protokol perlindungan diri minimum, yaitu menggunakan masker dimanapun berada, termasuk di dalam rumah, membatasi aktivitas di luar rumah, dan melarang melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian/kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

"Pemerintah Daerah akan melakukan berbagai upaya yang terukur untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas di Kabupaten Manggarai Barat," pungkas Kabid P2P Paskalina Kusumawati.

Untuk diketahui tentang informasi singkat terkait keenam Petugas Medis Puskesmas Wae Nakeng Kecamatan Lembor yang terkonfirmasi Negatif Covid-19: 1. Inisial H (25), perempuan, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19; 2. Inisial AT (47), perempuan, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19; 3. Inisial AN (42), laki-laki, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.

4. Inisial RRF (34), laki-laki, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19; 5. Inisial NN (29), laki-laki, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19; 6. Inisial YAI (26), perempuan, jenis spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19. (InfoPublik)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...