Syakar Jangku Imbau Warga Manggarai Barat Patuhi Pedoman Sholat Idul Fitri

Baca juga:

Syakar Jangku Imbau Warga Manggarai Barat Patuhi Pedoman Sholat Idul FitriLABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai Barat Syakar A. Jangku menghimbau Umat Muslim di wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mangbar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mematuhi pedoman pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 Hijriyah dari MUI Pusat.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor: SE.6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah wabah pandemi Covid19 dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Nomor 14 Tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi terjadinya Wabah Covid 19.

Ketua MUI Kabupaten Manggarai Barat Syakar A. Jangku pada media center Covid19 Mabar mengimbau kepada seluruh umat Islam di daerah ini untuk mematuhi SE Kemenag dan Fatwa MUI tersebut untuk sholat Idul Fitri dirumah aja.

Ia menegaskan agar tidak ada pelaksanaan shalat Idul Fitri di masjid, mushola, lapangan terbuka bagi masyarakat yang berada di zona merah dan Manggarai Barat menjadi Zona Merah dari Pandemi Covid19.

"Sholat dirumah adalah cara ampuh memutus matarantai covid-19 dan tidak mengurangi nilai ibadah. Kita masih punya tanggungjawab moral untuk kepentingan ini sampai Allah mencabut wabah/pandemi ini," katanya

Untuk diketahui bahwa untuk masyarakat di zona hijau dapat melaksanakan shalat Ied di sejumlah masjid / mushola, dengan tetap mengenakan masker, dan dilarang berjabat tangan, serta tidak mengikutsertakan anak-anak.

Sementara masyarakat yang berada di zona merah dapat melaksanakan sholat Ied di rumah masing-masing, dan dilarang untuk shalat di masjid/mushola yang berada di wilayah zona hijau.

Kemudian ketua MUI Ust. Syakar berharap untuk kita berdoa dan bertaubat sungguh-sungguh kepada Allah. Semoga dengan doa-doa kita wabah ini segera berakhir.

"Bersilaturrahim dari rumah juga tidak mengurangi nilai kehangatan kekeluargaan, persahabatan dan persaudaraan. Semoga dengan cara ini kita segera keluar dari keadaan ini. Aamiin," pungkas Ketua MUI Kabupaten Manggarai Barat Syakar A. Jangku. (DiskominfoMangbar)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...