Umat Muslim di Tanimbar Jalankan Sholat Ied Berjamaah Sesuai Protokol Kesehatan

Baca juga:

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan dan Pencegahan Pandemi Virus Corona (COVID-19) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku telah memutuskan bahwa umat muslim di daerah tersebut boleh melakukan jalannya Sholat Ied berjemaah sesuai protocol kesehatan.

“Terkait surat edaran atau maklumat dari Ketua MUI Maluku, maka Shalat Idul Fitri berjamaah sesuai dengan hasil rapat ini diijinkan dengan catatan ada pembatasan jumlah jamaah, kemudian di masjid atau musholah pun perlu diatur baik, jaga jarak dan sesuai protocol kesehatan,” pinta Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon, SH., MH selaku Ketua Gustu COVID-19 Tanimbar saat rapat bersama pada Jumat (22/05/2020).

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanimbar, H. Tamsil Herman pernyataan Shalat Idul Fitri berjamaah tersebut seturut dengan maklumat MUI Maluku tentang pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah guna memperkecil kemungkinan penularan COVID-19 yang telah disesuaikan dengan Fatwa MUI Pusat Nomor 20 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat COVID-19 pada 13 Mei 2020.

Ia mengaku akan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar, tokoh agama, Kepala Desa (Kades) hingga Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk mendukung pelaksanaan shalat tersebut.

“Shalat Ied akan disesuaikan dengan protokoler kesehatan gugus tugas COVID-19 dalam mencegah dan memutuskan mata rantai COVID-19, sehingga Tanimbar tetap berada pada zona hijau,” aku Tamsil kepada Lelemuku.com.

Sebelumnya, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo menyatakan maklumat yang dikeluarkan lebih menekankan pada dua hal proses shalat sunnah yang disesuaikan dengan wilayah penyebaran wabah, yaitu Shalat Ied dilakukan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid dan musholla bagi umat Islam di kawasan yang bersih atau zona hijau serta sudah terkendali dari pandemic pada 1 Syawal 1441 H. Sedangkan untuk wilayah yang penyebaran wabah belum terkendali, Shalat Ied dilaksanakan sendiri atau berjamaah dengan keluarga di rumah masing-masing. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...