Petrus Fatlolon Tantang Dinas Pertanian Hidupkan Komoditas Unggulan Tanimbar

Baca juga:

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH menantang Dinas Pertanian untuk menghidupkan kembali komoditas unggulan lokal daerah tersebut.

Ia meminta dinas itu untuk membuat kebun percontohan guna memberikan edukasi dan pendampingan kepada para petani dalam bercocok tanam berbagai pangan lokal, secara khusus bawang merah dan kacang hijau yang perna menjadi primadona di daerah tersebut pada 15 tahun lalu.

“15 sampai 20 tahun lalu, Tanimbar itu berlimpah bawang merah dan kacang hijau. Mestinya dinas pertanian mengedukasi dan mendamping para petani agar tidak perlu lagi mengimpor, bila perlu kita ekspor ke luar tanaman yang merupakan tanaman lokal kita,” pinta dia saat melantik Ir. Messala Hutabarat sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan Plt Kadis Pertanian pada Selasa (16/06/2020).

Fatlolon pun berharap dinas tersebut melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan program kerja yang terpadu dalam pemasaran.

“Dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan dinas pertanian sudah mulai menyusun rencana kerja pelaksanaan baik di pengujung tahun, maupun hingga 2021 nanti. Koordinasilah dengan dinas perdaganagan dan BUMD untuk membantu membeli komoditas unggulan kita, supaya hasil produksi pertanian petani bisa terjual. Ini harus dituntaskan dan tidak bisa diselesaikan sendiri, perlu ada kerjasama agar dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...