Potensi Makatian Jadi Desa Mandiri Perikanan di Tanimbar

Baca juga:

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Junus Fredrik Batlayery menyatakan bahwa Desa Makatian di Kecamatan Wermaktian sangat berpotensi menjadi desa mandiri di bidang kelautan dan perikanan.

Ia mengatakan secara keseluruhan di Tanimbar mempunyai beberapa desa penyangga di bidang perikanan, diantaranya Kecamatan Selaru, Wuarlabobar, Nirunmas dan Molumaru. Tetapi Desa Makatian adalah satu-satunya desa penyangga utama dengan potensi yang sangat menjanjikan.

“Desa Makatian akan menjadi desa mandiri perikanan yang sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki dan berdasarkan berbagai aspek. Memang Makatian cukup prospek untuk dikembangkan ke depan,” kata Batlayery kepada media di ruang kerjanya pada Senin (23/06/2020).

Ia menyatakan bahwa peluang tersebut jika dikembangkan dengan maksimal akan meningkatkan keuntungan bagi ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah. Maka pihaknya pun selalu memberikan perhatian lebih dengan bantuan sarana prasarana, seperti 10 longboat yang dikelola oleh koperasi. Selain itu, pihaknya akan bertindak sebagai pengelola serta bersedia untuk memasarkan hasil perikanan tersebut.

Kepala Desa (Kades) Makatian, Linofik U. Refutu, SE pun sangat menyambut positif niat Batlayery tersebut. Ia pastikan seluruh masyarakat desa yang 50 persen adalah nelayan akan sangat mendukung penetapan desanya sebagai desa mandiri perikanan.

Ia berharap dengan menjadi desa mandiri di bidang perikanan, pemerintah dapat membantu untuk memasarkan hasil tanggapan nelayan hingga ke luar daerah.

“Bersyukur untuk desa kami sebagai desa penyangga untuk mendukung Maluku sebagai lumbung perikanan. Penetapan ini sangat tepat, mengingat jika dilihat di peta dan batas petuanan, maka Desa Makatian memiliki petuanan terbesar di Bumi Duan Lolat. Semoga kedepan pemda lebih perhatian kesejahteraan nelayan, baik sarana dan prasarana pendukung lainnya,” harap Refutu bersama beberapa nelayan. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...