-->

Hartanto dan Istri Minta Dukungan Doa Jalankan Tugas Baru, Asops Danlantamal VIII Manado


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Hanla dan istri, Ny. Hartanto dalam mengakhiri tugas sebagai Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku meminta dukungan doa dari masyarakat Tanimbar untuk promosi jabatan tugas yang baru sebagai Asisten Operasi (Asops) Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal itu ia ungkapkan saat menggelar acara ‘Ngobrol Santai Dan Canda Tawa Bersama’ dalam rangka coffee time Pengantar Tugas Danlanal di Pelabuhan milik Lanal Saumlaki yang dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda), Shaka Bahari Saumlaki, Paguyuban Jawa Tanimbar, Personil Lanal dan Pengurus Jala Senastri pada Selasa (08/09/2020). 

Hartanto mengaku telah melakukan serah terima jabatan yang baru di Manado pada Rabu (26/08/2020) lalu dan akan menyerahkan tugas Danlanal Saumlaki kepada Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musam S.E., M.Tr Opsla di Ambon pada Rabu (09/09/2020) pukul 16.00 WIT.

 “Ijinkan saya berangkat, ikhlaskan kepergian saya karena keikhlasan dari saudara-saudara semuanya adalah kekuatan bagi saya untuk menjalankan tugas-tugas ke depan. Jika Tuhan mengijinkan saya dapat jabatan lagi untuk kembali, walau untuk mengecek atau melihat kesini, saya akan mengutamakan datang ke Tanimbar,” aku dia. 

Hantanto mengatakan selama dua tahun, satu bulan dan sembilan hari melaksanakan tugas sebagai Danlanal Saumlaki, diirnya sudah begitu menyatu dengan alam Tanimbar. Ia menyebutkan Tanimbar adalah rumah kedua selain kampung kelahirannya yang telah mengantarkan tugas pertamanya untuk mengenal daerah teritorial.  Menurutnya Tanimbar mempunyai keunggulan kepercayaan adat istiadat dan budaya yang sangat kental dan harus terus dipertahankan sebagai daya tarik yang unik. 

“Saumlaki ini seperti kampung kedua saya, saya mulai mengenal teritorial itu seperti apa dan mengenal hidup bergaul dengan masyarakat seperti apa, karena terus terang dari masa kedinasan saya dari tahun 1998 sampai 2018 saya hanya berkutat di bidang operasi. Bagaimana pendekatan dengan masyarakat disini saya belajar banyak sekali,” ungkap Alumni AKABRI Laut Angkatan (AAL) 44 tahun 1998 itu. 

Kemudian mewakili personil Lanal, Sertu Trimo menuturkan sangat kagum dengan kepribadian Hartanto yang selalu punya motivasi dan ide-ide membangun yang telah menjadi kenangan bagi para personil, seperti pembangunan Musholah, rampungnya Pelabuhan Lanal Saumlaki dan papan nama bertuliskan Lanal Saumlaki yang menjadi ikon kesatuan. Trimo pun mengucapkan selamat menjalankan jabatan yang baru kepada Hartanto dan istri. 

“Kami salut dengan komandan yang dalam dua tahun sudah bisa merubah wajah Lanal Saumlaki. Semoga pengganti komandan yang baru pun punya ide-ide yang cemerlang,” harapnya. 

Acara berakhir dengan penyerahan cenderamata atau kenang-kenangan dari personil Lanal Saumlaki kepada Hartanto dan istri, penampilan puisi dan tarian dari Shaka Bahari dan ramah tamah bersama. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel