Ikatan Apoteker Indonesia Tanimbar Ajak Masyarakat Ikut Lomba Vlog ‘Dagusibu Obat’

Baca juga:


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku mengajak seluruh masyarakat di daerah tersebut untuk mengikuti lomba vlog dalam rangka  memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Farmasi Sedunia pada 25 September 2020. 

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Tanimbar, Candra Utukamam, S.Si. Apt mengungkapkan lomba itu digelar dengan Tema ‘Gerakan Masyarakat Tanimbar Cerdas Menggunakan Obat (Gemat Cermat) dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar budayakan sadar obat dengan melakukan Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang (Dagusibu) obat dengan tepat.

“Lewat HUT Farmasi tahun ini kami mau membumingkan Gema Cermat yang kami tambahkan kata Tanimbar jadi Gemat Cermat yaitu ‘Gerakan Masyarakat Tanimbar Cerdas Menggunakan Obat’ melalui video, bagaimana masyarakat secara kreatif membuat vlog sederhana tentang Dagusibu obat yang sesuai dan baik,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Selasa (15/09/2020). 

Candra mengatakan lewat lomba yang terbuka untuk umum itu dapat mengukur pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat atau zat yang digunakan dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan dan peningkatan kesehatan bagi penggunanya. 


Ia menyatakan sosialisasi itu sangat penting karena dalam kondisi tertentu obat juga dapat membahayakan penggunanya, misalnya pada pemakaian dengan berlebihan atau melebihi dosis maksimal, dimana obat yang seharusnya dapat menyembuhkan bisa menjadi racun yang mematikan.

“Obat itu adalah racun tetapi tidak semua obat itu racun jika memberikan efek yang baik kepada kita. Jangan sampai disalahgunakan. Maka kami ingin mengedukasi kepada masyarakat, sehingga pesan Gemat Cermat itu bisa tersampaikan ke seluruh masyarakat Tanimbar,” ujar Candra.  

Lomba Vlog tersebut pun didukung penuh oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Pentury Fatlolon, SP dan Badan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Tanimbar dengan ketentuan berdurasi 7 menit dan merupakan karya original sesuai norma, bebas plagiat dan tidak menyinggung unsur suku, agama dan ras (SARA).  

Pembuatan video yang akan dihadiahi uang tunai dan piagam penghargaan itu dapat langsung dikirimkan melalui email tkepulauantanimbar@gmail.comsejak 15 September hingga 1 Oktober 2020 dan pengumuman lomba akan dilakukan pada 4 Oktober 2020.

Kemudian untuk penilaian lomba sendiri dilihat dari Like dan View terbanyak setiap video di kanal youtube milik Ketua TP-PKK Ny. Joice dengan nama akun ‘Bunda Joice’.  (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...