-->

Inilah Pidato Presiden Ukraina , Volodymyr Zelensky Saat Berbicara di Debat Umum PBB ke 75


NEW YORK, LELEMUKU.COM - Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina dalam debat umum Sesi ke-75 Sidang Umum PBB di New York, Rabu 23 September 2020 mengatakan bahwa PBB adalah perangkat lunak yang mampu menyelamatkan dunia.

"Dalam istilah teknologi, PBB dapat digambarkan sebagai "perangkat lunak" yang telah menyelamatkan dunia dari kesalahan kritis sejak didirikan. Namun, semakin lama PBBB semakin diserang dari "bug" atau "virus" yang terkadang sulit untuk dibendung," ujar dia.

Hal ini diungkapkan merujuk pada aneksasi Krimea oleh Federasi Rusia dan agresi militernya di Donbas, dia mengatakan bahwa Ukraina telah membuktikan pada tahun lalu bahwa Ukraina benar-benar berjuang untuk perdamaian.

"Dengan gencatan senjata sejak 27 Juli, langkah selanjutnya adalah penarikan formasi dan persenjataan militer yang melanggar hukum dari wilayah Ukraina yang diduduki dan memulihkan integritas wilayah negara. Untuk mencapai tujuan itu, Ukraina mengharapkan persatuan internasional yang lebih besar, dengan PBB memainkan peran penting," ujar dia.

"Itu tidak bisa diterima bila kedaulatan Negara merdeka dilanggar oleh salah satu anggota tetap Dewan Keamanan," sambung dia.

Keadaan tersebut menjadi bukti bahwa mekanisme yang diciptakan pada tahun 1945 belum sepenuhnya berjalan saat ini. Dewan harus menjadi lebih representatif, seimbang, transparan dan efisien. Instrumen yang efektif juga harus tersedia setiap kali anggota Dewan tetap menyalahgunakan hak vetonya.

Dia mengundang semua negara sahabat Ukraina untuk berpartisipasi dalam menyiapkan platform internasional untuk melindungi hak-hak Krimea dan untuk menjajah semenanjung Krimea, dan meminta Negara-negara Anggota PBB untuk mendukung rancangan resolusi terbaru berjudul “Situasi dengan hak asasi manusia di Republik Otonomi Krimea dan kota Sevastopol, Ukraina ”yang akan dipresentasikan di Majelis pada akhir tahun ini.

"Hingga luka di tengah Eropa berhenti berdarah, rasa sakit akan selalu dirasakan di seluruh dunia, ujarnya.

Ia menyatakan ini adalah bencana mengerikan yang telah menjadi kenormalan baru, dengan dunia yang terbiasa dengan berita mengerikan, katanya.

"Namun planet ini tidak lagi begitu besar, seperti yang ditunjukkan oleh kasus penerbangan Malaysia Airlines MH17, jatuhnya pesawat Ukraina di atas Iran, ancaman lingkungan dan berita palsu yang dapat mempengaruhi pasar keuangan dan bahkan pemilu," kata dia.

Sedangkan untuk virus corona, umat manusia bahkan tidak berhasil mencari istilah "COVID" atau "Wuhan" di Internet sebelum COVID-19 mengetuk pintu setiap rumah. Namun, pandemi saat ini bukanlah yang terakhir, dan “itulah mengapa kita harus keluar dari krisis yang ada dengan lebih kuat dan dipersiapkan dengan baik,” kata dia. (PBB)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel