-->

Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Website Biakelok.com dan Desangguduber.wixsite.com

BIAK, LELEMUKU.COM – Setelah berlangsung kurang lebih 2 bulan, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKN-PPM) UGM Biak Numfor tahun 2020 di wilayah Kampung Anggaduber Distrik Oridek, berakhir, Selasa (25/8).

Penarikan mahasiswa KKN UGM itu dilakukan melalui zoom meeting dan dihadiri langsung oleh beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mewakili Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Sebanyak 29 mahasiswa UGM yang ikut KKN dengan metode dalam jaringan (daring) gelombang kedua di masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 berhasil membuat website, mahasiswa KKN dengan divisi pariwisata membuat promosi sektor pariwisata Biak Numfor sekaligus membuat website dengan alamat http://biakelok.com.

Sementara mahasiswa dengan divisi pemerintahan juga berhasil menyusun struktur pemerintahan kampung Anggaduber dengan alamat website dapat diakses melalui https://desaanggaduber.wixsite.com/mysite

“KKN ini dilakukan dengan tujuan membantu mahasiswa memiliki kemampuan berpikir ilmiah dan kritis, khususnya untuk memecahkan setiap permasalahan serta mengkonsepkan suatu rancangan yang inovatif dalam berbagai bidang. Inilah tujuannya KKN dilakukan, termasuk teman-teman yang ditempatkan di Kampung Anggaduber Biak,” kata DR. Rachmat A. Sriwijaya. ST., MT., D.Eng selaku dosen pembimbing dalam releasennya yang diterima redaksi Cenderawasih Pos, kemarin.

Sementara itu Koordinator Mahasiswa Unit KKN-PPM UGM Biak 2020, Aulia Rahma Sekar Kinasih, mengatakan, selama KKN secara daring divisi pariwisata berhasil memadukan penguasaan teknologi digital dengan kajian teoritis serta analisis strategis yang dituangkan dengan menghasilkan aplikasi serta website pariwisata (dapat diakses melalui http://biakelok.com/).

Aplikasi dan website tersebut berisikan informasi pariwisata di Kabupaten Biak Numfor yang diklasifikasikan berdasarkan distrik, aksesibilitas pariwisata mulai dari promosi wisata, akomodasi dan sebagainya.

Selain itu, lanjutnya, pembuatanwebsite juga dilakukan oleh divisi pemerintahan yang diperuntukkan kepada Kampung Anggaduber agar memudahkan proses pelayanan kepada masyarakat desa. Website dapat diakses melalui https://desaanggaduber.wixsite.com/mysite.

“Setiap divisi juga merancang modul yang difungsikan sebagai bahan referensi ataupun media rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas. Seperti misalnya modul pengembangan potensiwisata alam yang memuat panduan Analisis Daerah Operasi Objek Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) yang mengacu pada buku pedoman Dirjen PHKA Tahun 2003,” katanya.

Tourist Information Center (Design TIC) oleh divisi infrastruktur, lanjut Sekar, dapat diimplementasikan nantinya di Bandara FransKaisepo. Dimana srategi desain menggunakan visual dan auditif untuk bisa meningkatkan daya tarikpariwisata Biak Numfor.

Hal yang lain, dilakukan. beberapa program kerja disesuaikan dengan tujuan pencegahan dan penyesuaian sektor pendukung kebutuhan masyarakat terhadap Covid-19. Melalui output berupa modul protokol kenormalan baru di proyek konstruksi menjelaskan secara rinci hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan proyek konstruksi selama pandemi berlangsung.

Berikutnya terdapat nutrition tips agar memperhatikan daya tahan tubuh, edukasi pangan gizi seimbang, pengenalan penggunaan masker kain untuk mencegah Covid-19. Untuk mendukung sektor perekonomian masyarakat desa, diterbitkan petunjuk penggunaan aplikasisi steminformasi akuntansi BUMDes untuk tata kelola keuangan dan marketing (pemasaran) melalui media sosial. Modul-modul serta kajian yang menjadi program divisi tersebut kemudian akan dikirimkan langsung dalam bentuk hard file melaluilayan aneks pedisi.

Kreativitas tanpa batas menjadi makna yang tepat dari kemunculan “Museum Daring Biak Numfor”. Museum virtual pertama yang dilaunching oleh peserta KKN UGM melalui Tim KKN-PPM UGM Biak 2020 menggunakan plat form artsteps yang dapat diakses melalui PC maupun hand phone menggunakan aplikasi yang sama.

‘Jadi pengunjung dapat melihat koleksi-koleksi di dalam museum, seperti budaya dan destinasi di Biak Numfor, footage hasil dokumentasi KKN-PPM UGM Biak Tahun 2018 dan 2019.Tampilan museum virtual tersebut diiringi lagu daerah Biak yang tentunya dapat memberikan nuansa tersendiri bagi pengunjung,” katanya

Disisi lain, masih lanjut Sekar, juga terdapat 6 (enam) edisi podcast “Bincang Biak” yang membahas topic bagian pariwisata serta tatakelola pemerintahan di Kabupaten Biak Numfor melalui narasumber yang merupakan sosok inspiratif yang bekerjalangsung melayani masyarakat

Sekedar diketahui, upacara penerimaan kembali mahasiswa KKN-PPM UGM 2020 yang dilangsungkan pada Selasa (25/08). Upacara penerimaan melalui zoom meeting itu dihadiri langsunbg oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Biak Numfor Hery Mulyana, S.Sos., M.Si., Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Biak Numfor, Wilson John Titahena, S.Pi, MM.

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes., Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor Effendi IgirisaS.Pi., M.M., dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onisimus Dangeubun, S.Pi, M.Si.

“Atas nama pemerintah daerah kami memberikan apresasi terhadap apa yang telah dibuat oleh teman-teman KKN dari UGM tahun 2020 ini. Tentunya hasilnya sangat luar biasa dan kami akan kami sosialisasi bagi OPD di Biak Numfor sehingga bisa menjadi tugas pembantuan kepada OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kepala DPMPTSP Kabupaten Biak Numfor Hery Mulyana, S.Sos, M.Si. (HumasBiakNumfor)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel