Nelson Letluhur Minta Insum Sangadji Evaluasi Pergantian Kepsek SMK Negeri 6 Tanimbar

Baca juga:

Nelson Letluhur Minta Insun Sangadji Evaluasi Pergantian Kepsek SMK Negeri 6 Tanimbar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Nelson Letluhur meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Maluku, Dr. Ir. Insum Sangadji, S.M.Si untuk melakukan evaluasi atas pergantian Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kepulauan Tanimbar dari Oktovianus Utuwaly, S.Pd kepada Astuty Dwi Wahyuni, S.S., M.MPd yang dinilai tidak sesuai prosedur. 

Hal tersebut ia ungkapkan saat melakukan tatap muka bersama para guru di sekolah tersebut pada Kamis, 22 Oktober 2020. Menurutnya ada beberapa hal yang tidak sesuai, dimana Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Pendidikan Khusus (Diksus) Tanimbar, Pieter Liur, S.Pd sudah melakukan pergantian kepsek tanpa Surat Keputusan (SK) dan hanya melalui nota dinas sebanyak dua kali pada bulan Maret 2020, dua hari menjelang pelaksanaan ujian nasional namun hal ini tidak terlaksana karena adanya komunikasi antara Kepsek Utuwaly dan Kadispendikbud Insun. 

“Calon Kepsek baru tidak pernah menduduki jabatan strategis, minimal pernah ada dalam jabatan wakil kepsek dan tidak memiliki Nomor Unit Kepala Sekolah atau NUKS yang merupakan SIM standar kompetensi untuk memenuhi standar syarat. Karena itu saya menganggap ini sebuah rekayasa yang dilakukan oleh cabang Dispendikbud provinsi Maluku. Ini sangat memalukan,” ungkap Letluhur. 

Ia menyarankan kepada dinas terkait untuk menunda pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) pada Jumat, 23 Oktober 2020 guna menjaga stabilitas dan harmonisasi dunia pendidikan di Tanimbar. Letluhur memastikan bahwa temuan itu pun akan ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi untuk mendapat penjelasan langsung dari Kadispendikbud Insun.

“Prinsipnya kami tidak mempermasalahkan siapapun yang dilantik sebagai Kepsek, asalkan orang tersebut memenuhi kualifikasi yang disyaratkan undang-undang,” sarannya. 

Selanjutnya, Kepsek Oktovianus Utuwaly menyatakan pergantian posisi kepsek tersebut tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, tetapi hanya melalui nota dinas dari Kepala Cabang Liur. Sebelumnya saat bertemu virtual dengan Kadispendikbud Maluku, sama sekali tidak disinggung tentang akan ada pergantian di lingkup sekolah. 

“Saya dikagetkan karena ditengah semangat untuk melaksanakan tugas bersama dengan guru, tanggal 20 Oktober terima surat pemberitahuan akan dilakukan sertijab pada 23 Oktober ini tanpa saya ketahui sebelumnya. Seolah-olah saya melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran yang tidak bisa ditolerir, sehingga terjadi pergantian, bahkan yang datang adalah plt menggantikan kepsek difinitif,” kata dia.

Utuwaly pun mengakui sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dirinya selalu siap ditempatkan dimana saja, akan tetapi dengan nota dinas secara sepihak tanpa disertai dengan dokumen lainnya seperti saat ini patut untuk dipertanyakan. 

“Ini merupakan upaya pembunuhan karakter sebagai anak bangsa yang sementara bekerja, seolah saya tidak diberi reward apa-apa dan seperti dipermalukan saat semangat melaksanakan tugas. Saya sendiri waktu menerima pemberitahuan ini sudah menyampaikan keluhan. Pada prinsipnya sebagai seorang ASN, saya siap untuk melaksanakan tugas dimana saja,” akunya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dikmen dan Diksus Tanimbar, Pieter Liur saat dihubungi Lelemuku.com menolak untuk memberi komentar . 

Untuk diketahui bahwa Nota dinas bernomor 420/95/2020 tertanggal 20 Oktober 2020 dengan perihal pemberitahuan yang ditandatangani oleh Kepala Cabang Pieter Liur dan ditujukan kepada Oktovianus Utuwally sebagai Kepsek SMK Negeri 6 Kepulauan Tanimbar. 

Dimana isi nota dinas tersebut yakni diberitahukan bahwa pelaksanaan Sertijab pimpinan lama Utuwally dan pimpinan baru Astuty Dwi Wahyuni akan berlangsung Jumat 23 Oktober 2020. 

Utuwaly diminta untuk menyiapkan dokumen tentang memori tugas kepsek, laporan keuangan detail dan inventaris barang. (Albert Batlayeri)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...