-->

Salmon Patai Ungkap Aspirasi Asosiasi Koperasi Nelayan Papua Terkait Otsus

Salmon Patai Ungkap Aspirasi Asosiasi Koperasi Nelayan Papua Terkait Otsus.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Asosiasi Koperasi Nelayan Provinsi Papua mendorong perpanjangan UU Otsus, sebab dinilai sudah menyentuh kepentingan masyarakat tingkat bawah melalui berbagai program yang dilaksanakan pemerintah. 

Hal itu sebagaimana klaim Ketua Asosiasi Koperasi Nelayan Provinsi Papua Salmon Patai, dalam keterangannya Rabu (21/10/2020) petang.

Menurut ia, UU Otsus sebenarnya tidak gagal. Hanya saja, para pelaksanannya yang belum menjalankan dengan maksimal. 

“Sebenarnya otsus kita sudah rasakan tetapi. Untuk itu, kita mendukung dan mendorong UU ini dilanjutkan,” terang ia.

Ia mencontohkan pada beberapa waktu lalu dimana pemerintah daerah mencanangkan program bantuan dana Otsus bagi nelayan Papua, yang langsung menyentuh nelayan lokal. 

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, keberlanjutan program itu terhenti, sehingga nelayan lokal tidak lagi merasakan bantuan lewat dana otsus.

“Hal inilah yang membuat pada akhirnya masyarakat Papua menilai otsus itu gagal”. 

“Makanya kedepan mungkin program bantuan seperti ini harus kembali diaktifkan. Sehingga pada akhirnya asosiasi nelayan bisa dibangunkan kantor, salah satu contohnya,” ujar ia.

Hal penting lain, tambah dia, perlu diselenggarakan pelatihan rutin setahun sekali bagi para nelayan dalam bidang teknologi terkini dalam budidaya atau perikanan tangkap. 

Dengan adanya pembaharuan ilmu itu, diharapkan para nelayan bisa terbantu dalam mengembangkan atau menjual hasil ikan tangkapannya ke luar Papua atau bahkan luar negeri. (DiskominfoPapua)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel