Yunita Lewedalu, Eunice Jayangker dan Fransiskus Salembun Wakili Maluku Ikuti Lomba KSN SD Tingkat Nasional

Baca juga:

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Tiga siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yaitu Yunita Lince Lewedalu dari SD Kristen Saumlaki, Eunice Flonnellcya Jayangker dari SD Negeri I Saumlaki dan Fransiskus A. Keefy Salembun dari SD Inpres Saumlaki dinyatakan lolos mewakili Provinsi Maluku ikuti lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara daring tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispendikbud) Tanimbar, Drs. Herman Joseph Lerebulan mengatakan lomba tersebut sebelumnya dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) menjadi lebih kreatif dan inovatif yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

“Selamat untuk tiga siswa SD dari Kepulauan Tanimbar yang telah lolos lomba KSN SD tingkat Nasional. Mereka telah ikuti lomba tingkat provinsi secara daring pada Rabu, 07 Oktober kemarin,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Senin (12/10/2020).

Ia mengungkapkan lomba itu bertemakan ‘Dengan belajar secara tidak langsung, namun tetap semangat berprestasi dari rumah’ telah dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten dan kota serta provinsi.

Lerebulan menambahkan lomba itu diharapkan dapat membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis dan kreatif yang memampukan siswa dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

“Dari jatah tiap provinsi hanya 4 orang, diantaranya 2 siswa untuk matematika dan 2 siswa untuk IPA. Sebelumnya dari Tanimbar ada 6 siswa yang ikut seleksi provinsi dan 3 diantaranya lolos wakili Maluku. Mohon dukungan doa untuk tingkat nasional,” pintanya.

Empat siswa SD yang mewakili Maluku untuk mengikuti lomba KSN-SD tingkat nasional tahun 2020 bersama 268 siswa dari daerah lain adalah Yunita Lewedalu dan Eunice Jayangker di bidang Matematika. Kemudian Fransiskus Salembun dan Windi G. Duwila dari SD Negeri 6 Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru di bidang IPA. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...