Hari Anak Sedunia Ingatkan Orang Tua Jadi Teman Belajar

Baca juga:

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM –  Kepala Bidang Pendidikan Anak dan Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinpenbud) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Misye Natalia Uwuratuw, S.STP mengajak seluruh orang tua untuk menjadi mitra belajar anak.

“Orangtua harus bisa menjadi partner yang baik kepada anak-anak kita, karena kalau biasanya guru yang menjadi pendidik di sekolah. Sekarang orangtua ada papa, mama, opa, oma, kaka, kita semua diharapkan menjadi seorang guru,” ajak dia tepat di Hari Anak Sedunia pada Jumat, 20 November 2020.

Menurutnya saat menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), orangtua kembali mengambil tempat yang khusus bagi anak dengan mampu menciptakan sebuah kondisi yang menyenangkan seperti semboyan ‘Tut Wuri Handayani’, yaitu ‘Di depan, seorang pendidik harus bisa menjadi teladan di tengah murid, pendidik harus bisa memberikan ide dan di belakang, seorang pendidik harus bisa memberikan dorongan’,

Kita harus mampu melihat anak semangat tetap melaksanakan tugas dan tangungjawab mengikuti materi per materi dan tugas. Sehingga esensi dari pendidikan pasca pandemi corona ini tetap jalan walaupun di lingkungan masing-masing,” kata Misye.

Ia menambahkan nilai pendidikan harus bersumber dari keluarga dan didukung oleh sekolah melalui para guru untuk mencapai esensi pendidikan dimana semua orang bisa menjadi guru dan semua tempat bisa menjadi sekolah dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini tidak mudah karena kondisi psikologi anak berbeda-beda, karena itu kita harus tetap menciptakan ruang yang nyaman, sebuah atmosfir yang enak untuk mendampingi anak. Sesibuk apapun kita, apapun pekerjaan kita, harus selalu berkomunikasi dengan guru, wali kelas sehingga tugas yang diberikan dapat berjalan dengan baik,” tambah Misye. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...