-->

Lies F Nurdin Komitmen dan Sinergi Bantu Tekan Angka Stunting di Sulawesi Selatan

Lies F Nurdin Komitmen dan Sinergi Bantu Tekan Angka Stunting di Sulawesi Selatan.lelemuku.com.jpg

MAKASSAR, LELEMUKU.COM – Stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak telah merampas hak anak sejak usia dua tahun untuk mencapai potensi biologis penuh dan kemampuannya untuk hidup sehat. Hal itu disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang optimal pada anak sejak hari pertama kehidupannya, yang berdampak pada fisik anak.

Kurangnya asupan nutrisi tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan linier, tetapi juga proses lainnya. Seperti perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh yang berdampak pada produktivitas anak.

Karena konsekuensi yang cukup besar dari stunting yang berkembang selama awal kehidupan, dan fakta bahwa banyak dari dampak dari stunting ini tidak dapat diperbaiki di kemudian hari, maka komitmen untuk pencegahannya menjadi penting untuk dilakukan oleh seluruh sektor baik pemerintah, swasta maupun lembaga yang menaungi isu kesehatan anak.

Seperti komitmen yang ditunjukkan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting pada anak di Sulsel.

Keseriusan Pemerintah Sulsel dalam menekan angka stunting dibuktikan dengan penurunan persentase stunting dalam lima tahun terakhir. Pada 2013, angka stunting di Sulsel mencapai 35,49 persen. Angka tersebut menurun 5,1 persen di tahun 2019 dengan persentase 30,6 persen.

“Capaian ini menempatkan Sulsel berada di posisi ke sebelas, jauh lebih baik dalam kurun lima tahun terakhir,” kata Ketua TP PKK Sulsel, Lies Nurdin, Sabtu, 21 November 2020.

Lies mengatakan, penyusunan program strategis dengan menyentuh seluruh pihak dalam mencegah pertumbuhan angka stunting, bentuk keseriusan PKK dalam merealisasikan pengurangan stunting di Sulsel.

“Satu langkah strategis adalah mensupport Posyandu dan penanggulangan stunting melalui koordinasi berjenjang dengan Ketua TP PKK di 24 Kabupaten Kota se-Sulsel,” kata Lies.

Selain itu, PKK juga melaksanakan program pemberian dana sebesar Rp 100 juta kepada 24 kabupaten/kota. Sebagaimana diketahui, PKK Sulsel menanungi 24 kabupaten kota, 307 kecamatan, 3.047 PKK desa dan kelurahan. Dengan membangun sinergitas dan komitmen, akan menjadi kekuatan dalam menurunkan stunting di Sulsel.

“PKK memiliki potensi yang luar biasa dengan gerakan massif dan terstruktur untuk mendukung program-program secara kelembagaan,” jelasnya.

Lebih jauh, Lies menjelaskan kiprah PKK Sulsel dalam penanggulangan stunting. Diantaranya, sosialisasi pada setiap lapisan masyarakat dan jenjang pendidikan akhir mengenai pentingnya makanan bergizi pada masa kehamilan,

menggalakkan pemanfaatan pekarangan dalam menjamin ketersediaan gizi setiap keluarga secara berkala.

Kemudian, lomba cipta menu beragam, bergizi, sehat dan aman di Sulsel, serta secara berkelanjutan melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan pernikahan dini pada anak, baik di sekolah maupun kelompok remaja. Sebagaimana diketahui, pernikahan pada usia anak menjadi penyumbang angka stunting yang cukup besar di Indonesia.

Selain itu, PKK juga aktif mensosialisasikan kerjasama dengan Kementerian Agama agar tidak memberikan izin menikah bagi yang belum memiliki materi, pentingnya makanan bergizi saat hamil, dan secara umum bagaiman mencegah stunting.

“Ini akan kami lakukan melalui Pokja I, bekerjasama dengan Kementerian Agama sebagai salah satu langkah strategis kami dalam upaya pencegahan perkawinan anak terlebih di masa pandemi,” urainya.

Hal lain yang menjadi langkah strategis PKK adalah meningkatkan jumlah dan kualitas dasawisma melalui upaya-upaya webinar di masa pandemi. Melakukan kerja sama dengan pihak terkait, baik pemerintah dan non pemerintah dalam memberi pencerahan bagaimana bersikap dan mengelola psikologi ibu hamil di masa pandemi, serta menyususn tutorial penanganan ibu hamil hingga satu bulan bekerja sama dengan USAID sebagai lembaga non pemerintah yang memiliki fokus pada isu perkembangan anak.

“Kami optimistis, melalui gerakan bersinergi dengan semua pihak, target stunting turun hingga 14 persen di Sulsel bisa dilaksanakan,” tutupnya. (HumasSulsel)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel