Sering Salahgunakan Dana Bantuan, Warga Ninabua Minta John Banua Ganti Kepala Kampung

Baca juga:

Sering Salahgunakan Dana Bantuan, Warga Ninabua Minta John Banua Ganti Kepala Kampung.lelemuku.com.jpg

WAMENA, LELEMUKU.COM - Puluhan warga Kampung Ninabua, Distrik Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mendatangi gedung otonom Wenehule Huby, Selasa (06/10/20)

Kedatangan puluhan warga ini untuk melakukan protes dan meminta agar kepala daerah dalam hal ini Bupati Jayawijaya segera mengganti kepala kampung Ninabua yang dinilai telah menyalahgunakan bantuan-bantuan yang selama ini diberikan pemerintah.

Koordinator Aksi, Yali Wuka mengatakan bahwa kepala kampung tersebut selama ini tidak transparan dan penyalahgunaan dana bantuan ini telah terjadi beberapa kali.

"Selama mejadi PJS (pejabat sementara) Kepala Kampung Ninabua, dia tidak pernah trasparan dalam penggunaan dan penyaluran dana kampung kepada masyarakat, termasuk penyaluran dana bantuan Covid-19 dan BLT," beber Yali Wuka.

Menurutnya Yali, kepala kampung tersebut  juga sempat menggelapkan dana bantuan senilai 65 juta, dan juga dana desa Kampung Ninabua.

"Berdasarkan data kami, sejak dia menjadi PJS kepala kampung Ninabua, dia sudah menggelapkan dana kampung dan dana bantuan lainnya yang jika ditotal senilai 536 juta," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Keuangan dan Aset Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayawijaya, Lepinus Gombo yang menerima aspirasi warga Kampung  Ninabua, mengungkapkan bahwa permasalahan ini beberapa kali telah diupayakan untuk diselesaikan di kampung namun karena kepala kampung tersebut tidak hadir sehingga warga mendatangi kantor pemerintahan untuk menyampaikan aspirasi.

"Aspirasi masyarakat terkait pergantian kepala kampung telah kami tampung begitu juga dengan beberapa masukan dan usulan," jelasnya.

Namun lanjut Lepinus, hal ini tentu akan dilaporkan kepada pimpinan dalam hal ini Bupati Jayawijaya, dan hal tersebut akan diputuskan oleh Bupati.(DiskominfoJayawijaya)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

Berita Pariwisata

Loading...
loading...