-->

Duga Picu Kerusuhan pada 17 Januari 2021, Twitter Suspend Permanen Donald Trump

Duga Picu Kerusuhan pada 17 Januari 2021, Twitter Suspend Permanen Donald Trump.lelemuku.com.jpg

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Perusahaan media sosial, Twitter melakukan suspend permanen kepada akun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di @realdonaldTrump pada Jumat 8 Januari 2020 petang waktu setempat akibat dugaan dan analisa memicu rusuh dari tanggal 17 hingga 20 Januari saat pelantikan presiden AS yang baru.

"Setelah meninjau secara cermat Tweet terbaru dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya - khususnya bagaimana mereka diterima dan ditafsirkan di dalam dan di luar Twitter - kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut karena risiko hasutan lebih lanjut untuk melakukan kekerasan," tulis website yang dibuat oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone dan Evan Williams tersebut.

Dikatakan suspend ini dilakukan pasca peristiwa pendudukan para pengunjuk rasa di gedung parlemen di Capitol, Washington DC pekan ini.

"Kami menjelaskan pada hari Rabu lalua bahwa pelanggaran tambahan terhadap Peraturan Twitter berpotensi mengakibatkan tindakan ini. Sebab kerangka kerja kepentingan publik kami ada untuk memungkinkan publik mendengar dari pejabat terpilih dan pemimpin dunia secara langsung. Itu dibangun di atas prinsip bahwa rakyat memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban di tempat terbuka. Namun, kami memperjelas selama bertahun-tahun bahwa akun ini tidak sepenuhnya berada di atas aturan kami dan tidak dapat menggunakan Twitter untuk menghasut kekerasan, antara lain. Kami akan terus bersikap transparan tentang kebijakan kami dan penegakannya," lanjut twitter dalam rilis tersebut.

Mereka juga memaparkan analisis utuh dari pelanggaran kebijakan perusahaan tersebut oleh Donald Trump.

"Pada 8 Januari 2021, Presiden Donald J. Trump mengetwit “75.000.000 Patriot Amerika yang hebat yang memilih saya, AMERIKA FIRST, dan MEMBUAT AMERIKA HEBAT LAGI, akan memiliki SUARA YANG RAKSASA di masa depan. Mereka tidak akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun !!!.”

Tak lama kemudian, Presiden men-tweet: “Kepada semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan pada 20 Januari.”

"Karena ketegangan yang sedang berlangsung di Amerika Serikat, dan peningkatan percakapan global terkait dengan orang-orang yang menyerbu Capitol dengan kekerasan pada 6 Januari 2021, kedua Tweet ini harus dibaca dalam konteks peristiwa yang lebih luas di negara tersebut dan cara-cara di mana pernyataan Presiden dapat dimobilisasi oleh audiens yang berbeda, termasuk untuk menghasut kekerasan, serta dalam konteks pola perilaku dari akun ini dalam beberapa minggu terakhir. Setelah menilai bahasa dalam Tweet ini terhadap kebijakan Pemuliaan Kekerasan, kami telah menetapkan bahwa Tweet ini melanggar Kebijakan Pemuliaan Kekerasan dan pengguna @realDonaldTrump harus segera ditangguhkan secara permanen dari layanan," papar twiter..

Twitter juga menilai bahwa 2 Tweet tersebut dapat memicu kekerasan. Sesuai dengan peraturan kebijakan guna mencegah peningkatan kekerasan yang dapat menginspirasi orang lain dan upaya meniru tindakan kekerasan yang sangat mungkin untuk mendorong dan menginspirasi orang untuk meniru tindakan kriminal yang terjadi di US Capitol pada 6 Januari 2021, maka mereka melakukan pelarangan.

"Penentuan ini didasarkan pada sejumlah faktor, antara lain: Pernyataan Presiden Trump bahwa dia tidak akan menghadiri pelantikan diterima oleh sejumlah pendukungnya sebagai konfirmasi lebih lanjut bahwa pemilihan tersebut tidak sah dan terlihat saat dia menolak klaim sebelumnya yang dibuat melalui dua Tweet (1, 2) oleh Wakilnya. Kepala Staf, Dan Scavino, bahwa akan ada "transisi yang teratur" pada tanggal 20 Januari," papar mereka.

Selanjutnya, pada tweet kedua juga dapat berfungsi sebagai dorongan bagi mereka yang berpotensi mempertimbangkan tindakan kekerasan bahwa Pelantikan akan menjadi target "aman", karena dia tidak akan hadir.

"Penggunaan kata “American Patriots” untuk menggambarkan beberapa pendukungnya juga diartikan sebagai dukungan bagi mereka yang melakukan tindakan kekerasan di US Capitol. Penyebutan pendukungnya memiliki "SUARA RAKSASA jauh ke masa depan" dan bahwa "Mereka tidak akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun !!!" 

Twitter juga menafsirkan hal ini sebagai indikasi lebih lanjut bahwa Presiden Trump tidak berencana untuk memfasilitasi "transisi yang tertib" dan sebaliknya dia berencana untuk terus mendukung, memberdayakan, dan melindungi mereka yang yakin dia memenangkan pemilu. Rencana untuk protes bersenjata di masa depan sudah mulai berkembang di dalam dan di luar Twitter, termasuk serangan rusuh kedua yang akan dilakukan di Gedung Capitol AS dan gedung DPR pada 17 Januari 2021saat pelantikkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wapres AS.

"Karena itu, tekad kami adalah bahwa kedua Tweet di atas kemungkinan besar akan menginspirasi orang lain untuk meniru tindakan kekerasan yang terjadi pada tanggal 6 Januari 2021, dan bahwa ada beberapa indikator bahwa kedua Tweet di atas diterima dan dipahami sebagai dorongan untuk melakukannya,"tutup rilis tersebut. (Albert Batlayeri)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel