-->

Ketua Relawan Pro Jokowi Amin, Ambroncius Nababan Lakukan Hinaan Rasial ke Aktivis Papua Natalius Pigai

Ketua Relawan Pro Jokowi Amin, Ambroncius Nababan Lakukan Hinaan Rasial ke Aktivis Papua Natalius Pigai.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sebuah tangkapan layar di media sosial dari unggahan Facebook milik Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin), Ambroncius Nababan tengah menjadi perdebatan publik.

Perdebatan itu muncul setelah viral cuplikan gambar dari posingan facebook Ambroncius Nababan yang diduga sedang melakukan penghinaan bernada rasial pada aktivis asal Papua, Natalius Pigai.

Berdasarkan gambar beredar, Ambroncius Nababan kedapatan memasang foto Natalius berdampingan dengan seekor Gorilla.

Dia memberi tambahan kalimat yang berbunyi;  “Mohon maaf yg sebesar-besarnya. Vaksin sinovac itu dibuat utk MANUSIA bukan utk GORILLA apalagi KADAL GURUN. Karena menurut UU Gorilla dan kadal gurun tidak perlu di Vaksin. Faham?”.

Belakangan diketahui bahwa unggahan tersebut sudah dihapus. Namun tangkapan layar telah beredar viral di masyarakat.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Syadat Hasibuan atau akrab disapa Gus Umar mengecam tindakan rasis Ambroncius Nababan terhadap aktivis HAM Natalius Pigai.

Gus Umar bahkan menyarankan Pigai untuk membawa hal ini ke ranah hukum.

"Sebagai orang batak saya mengecam tindakan Rasis ambroncius nababan. Ktk dunia bersatu memerangi rasisme di indonesia malah ada warganya melakukan tindakan rasis hanya krn beda sikap politik. Laporkan kepolisi pak Pigai spy manusia rasis ini ditangkap polisi," cuit Gus Umar melalui akun Twitter @Umar75Hasibuan, Sabtu (23/1/2021).

Pakar telematika sekaligus mantan politikus Partai Demokrat Roy Suryo menyebut ujaran itu sangat tidak pantas. Apalagi sesama warga Indonesia.

"Tweeps, Sebagai sesama Warga NKRI, dari Sabang sd Merauke, Apa yg dilakukan Ambroncius Nababan thdp @NataliusPigai2 ini sungguh2 sangat Rasis (SARA) & tdk pantas. Apa benar dia pakai Foto2 @erickthohir @basuki_btp hingga @jokowi di DP-nya terus bebas ?" cuit Roy melalui akun media sosial Twitter @KRMTRoySuryo2, Sabtu (23/1/2021).

Roy juga menyoroti foto-foto pelaku bersama sejumlah pejabat pemerintahan saat ini.

"Jadi ini Fakta ya, bukan Penggiringan Opini.Di Foto DP-nya dipajang Selfie2 dgn @erickthohir @basuki_btp dan @jokowi. Kalau memang mereka2 tdk ada hubungannya dgn si Ambroncius Nababan ini, bisa sekalian menuntut Ybs karena samasaja sdh mencemarkan nama," sambungnya.

Ini adalah kali kedua aktivis HAM Natalius Pigai kembali mendapat perlakuan rasis.

Jika sebelumnya dilakukan Permadi Arya alias Abu Janda, kali ini ujaran rasis tersebut dilakukan oleh Ambroncius Nababan.

Walau begitu, Natalius enggan membawa kasus ini ke ranah hukum. Bahkan, Natalius justru mengunggah video sedang bernyanyi lagu berbahasa Suku Batak.

Video itu diunggahnya melalui akun media sosial Twitter @NataliusPigai2, Sabtu (23/1/2021).

Menariknya, lagu yang dinyanyikan Natalius bersama temannya itu merupakan Lagu Batak.

"Mereka bukan Pengamen juga Pengemis. Mereka adalah sahabat Penjual seni mengisi daya, karsa, dan romatika di ruang2 kosong," cuit Natalius. (Gilang)


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel