-->

BKSDA Temukan Nuri Maluku Tanpa Pemilik di Pelabuhan Namlea


AMBON, LELEMUKU.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Maluku menyebutkan petugas Petugas Resort Buru menemukan 5 ekor Burung Nuri Maluku atau Eos Bornea di kapal ferry saat melakukan pengawasan TSL di Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru pada Sabtu, 06 Februari 2021.

Dalam rilis, Kepala BKSDA Danny Hendry Pattipeilohy mengatakan burung itu ditemukan di dalam dus karton, sedangkan pemiliknya tidak ditemukan. Saat ini burung-burung tersebut diamankan di Kantor Resort Buru. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa burung tersebut masih dalam kondisi liar sehingga dapat segera dilepasliarkan.

Nuri Maluku dengan nama latin Eos Bornea, atau Eos Rubra dan dalam bahasa Inggris adalah Red Lory secara umum memiliki panjang tubuh hingga 30,5 cm. dengan warna bulu dominan merah cerah perpaduan biru dan hitam di bagian mata serta merah gelap di bagian ekor.


Tempat tinggal burung Nuri Maluku berada di wilayah hutan primer maupun sekunder dan kerap gemar berada di hutan mangrove dan perkebunan Kelapa. Nuri Maluku mampu hidup di ketinggian 750 hingga 1.800 m di atas permukaan laut.

Terdapat 2 subspesies Nuri Maluku, yaitu cyanothorus menempati Pulau buru dan Bornea yang tersebar di wilayah Ambon hingga Kepulauan Kei. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel